Jalani Swab Test, Dua Kepala Dusun di Lembang Positif COVID-19

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 20:32 WIB
Poster
ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Bandung Barat -

Dua pegawai perangkat Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil swab tes yang dijalani.

Dua perangkat desa tersebut merupakan kepala dusun. Saat ini keduanya sedang menjalani isolasi mandiri lantaran tidak menunjukkan gejala klinis atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Iya ada dua Kepala Dusun yang positif COVID-19. Tapi mereka sehat dan hanya menjalani isolasi mandiri saja," ungkap Kepala Desa Cikahuripan Oman Haryanto, Senin (19/10/2020).

Dia menjelaskan swab test kepada perangkat desanya dilakukan pada Selasa (13/10/2020) di Puskesmas Jayagiri dan hasilnya dua orang perangkat desa dinyatakan positif COVID-19.

"Swab testnya minggu kemarin dan hasilnya ada dua orang positif. Tapi mereka juga tinggal swab test kedua, kalau dinyatakan sembuh sudah bisa aktivitas lagi," tuturnya.

Selain dua orang perangkat desa, di Desa Cikahuripan juga ada 10 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19. Namun lima orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

"Iya ada total 10 orang yang positif, termasuk dua perangkat desa. Lima sudah semuh lima lagi masih diisolasi. Tapi yang sudah sembuh juga masih harus isolasi mandiri 10 hari ke depan," bebernya.

Pihaknya menggencarkan pelaksanaan penyemprotan disinfektan terutama di kantor desa untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. Selain itu mengimbau warga tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau penyemprotan disinfektan rutin sebagai dekontaminasi, karena khawatir juga dengan penyebaran COVID-19. Intinya meminta warga juga tetap menerapkan protokol kesehatan," tandasnya.

(mud/mud)