Hadapi Bencana, Hengky Kurniawan Bentuk Satgas Kebencanaan Milenial

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 17:09 WIB
Wakil Bupati Kabupaten Bandung Hengky Kurniawan
Hengky Kurniawan (Foto: Siti Fatimah/detikTravel)
Bandung Barat -

Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menggaet generasi milenial di Bandung Barat untuk masuk ke dalam Satuan Tugas (Satgas) Kebencanaan.

Hal tersebut lantaran KBB merupakan wilayah yang rawan terjadi bencana alam terutama saat musim hujan seperti longsor dan banjir bandang.

Saat ini pihaknya membuka pendaftaran bagi 50 orang generasi milenial yang berminat bergabung dengan Satgas Kebencanaan, terdiri dari 25 perempuan dan 25 laki-laki.

"Kita tahu kalau KBB ini kam wilayah yang rawan bencana. Makanya saya membentuk satgas kebencanaan sebagai langkah mitigasi dan penanganan saat terjadi bencana," ungkap Hengky saat dihubungi, Senin (19/10/2020).

Keterlibatan generasi milenial dalam menangani bencana tidak hanya pasca kejadian saja. Namun peran Satgas Kebencanaan bakal lebih ditekankan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Nantinya satgas tersebut akan mengedukasi masyarakat terkait penanganan bencana, survive dari bencana, yang intinya meminimalisir korban," terangnya.

Rencananya berbagai pelatihan dan seminar akan diberikan pada anggota Satgas Kebencanaan agar mereka memiliki bekal untuk menyampaikan edukasi soal mitigasi, penanganan bencana, hingga trauma healing.

"Pelatihan baik secara keterampilan maupun pengetahuan terkait kebencanaan akan diberikan. Selain itu secara mental pun akan ditempa dengan melibatkan pihak militer," katanya.

Sejauh ini generasi milenial belum banyak terlibat dalam penanganan bencana di Kabupaten Bandung Barat. Untuk itu pihaknya ingin lebih melibagkan peran serta milenial dalam penanganan bencana.

"Belum banyak, karena biasanya ketika bencana alam datang yang dilibatkan itu kan BPBD, komunitas, atau yang sudah berpengalaman. Nah dengan adanya satgas kebencanaan mereka bisa membantu, kalau tidak di lokasi bencana mungkin di posko," tandasnya.

(mud/mud)