Pemprov Banten Minta Prioritas Vaksin di Zona Merah dan Tangerang Raya

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 12:13 WIB
Vaksin Virus Corona Menuju RI
Ilustrasi vaksin virus Corona. (Tim Infografis Fuad Hasim)
Serang -

Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku masih menunggu pemerintah pusat soal pemberian vaksin di wilayahnya. Pemprov mendorong vaksin bisa diprioritaskan untuk penanganan zona merah seperti Jabodetabek dan Tangerang Raya.

"Ini vaksin dijatahin, kita masih konfirmasi apakah vaksin kita dapat berapa, tapi saya kira ada porsinya, mestinya Jabodetabek, Tangerang pasti prioritas," kata Wahidin di Serang, Senin (19/10/2020).

Secara khusus, Pemprov Banten belum meminta ke pemerintah pusat soal vaksin. Karena jumlah penerima masih tergantung dari berapa banyak yang bisa diperoleh oleh pemerintah. Tapi, ia mendorong agar daerah seperti Tangerang yang jumlah angka positif terkonfirmasinya dinilai masih banyak.

"Saya kira Tangerang Raya bagian yang diperhatikan karena dominan di situ," ujar Wahidin.

Pemerintah pusat menargetkan 160 juta warga akan diprioritaskan menerima vaksin tahap awal. Garda terdepan seperti paramedis, TNI, Polri, aparat hukum, dan pelayanan publik akan diberi vaksin tahap awal.

Selain mereka, ada tokoh agama, tenaga pendidik seperti guru, hingga penerima bantuan BPJS. "Sasaran penerima vaksin, pemerintah merencanakan penerima vaksin itu di garda terdepan itu sekitar paramedis, TNI, Polri, aparat hukum dan pelayanan publik 3,4 juta (orang) buruhnya 6,9 juta," kata Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto, Senin (12/10).

(bri/bbn)