Round-Up

Ragam Reaksi soal Usulan Ubah Jawa Barat Jadi Provinsi Tatar Sunda

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 08:34 WIB
Kongres Sunda mengajukan perubahan nama provinsi Jawa Barat
Kongres Sunda mengajukan perubahan nama Provinsi Jawa Barat menjadi Tatar Sunda. (Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Usulan mengganti nama Jawa Barat (Jabar) menjadi Provinsi Tatar Sunda mengemuka. Beragam reaksi muncul dari berbagai pihak, termasuk kepala daerah di Jabar.

Wacana penggantian nama provinsi ini muncul setelah sejumlah tokoh Sunda menggelar Kongres Sunda di Aula Rancage Perpustakaan Ajip Rosidi, Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (12/10). Acara ini dihadiri sejumlah tokoh Sunda, di antaranya Memet H Hamdan, Maman Wangsaatmadja, Iwan Gunawan, Ridho Eisy, Dharmawan Harjakusumah (Acil Bimbo), Andri P Kantaprawira, Ganjar Kurnia (eks Rektor Unpad), dan Adji Esha Pangestu.

Pihaknya akan mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo berkaitan penggantian nama provinsi tersebut. Sebab, surat yang dikirimkan badan kongres kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak mendapatkan respons yang diharapkan.

Ketua Perubahan Nama Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda, Adji Esha Pangestu, mengatakan kata 'Sunda' saat ini hanya dikenal sebagai bagian dari suku yang tinggal di wilayah Barat. Padahal, menurut garis sejarah, Sunda mencakup wilayah geografis yang besar, mencakup Pulau Jawa dan pulau-pulau lainnya.

"Tahun 1926 penjajah memberi nama menjadi West Java atau Jawa Barat. Saat itu Sunda diberi nama itu untuk penataan perkebunan. Itu usaha mengadu domba masyarakat yang dulu solid, baik dari etnis Jawa, China, dan India. Bersinergi kuat dan sulit dikendalikan oleh Belanda," ujar Adji.

Ketua SC Kongres Sunda Andri P Kantaprawira mengatakan, dengan digunakannya nama Sunda kembali, roh budaya dan karakter Sunda pun akan kembali. "Nama Jabar sekarang tidak punya spirit atau roh kebudayaan. Sunda itu toleran kok. Suku atau bangsa-bangsa yang lain tidak ada masalah. Kita akan (kirim) surat (ke) Pak Jokowi, langsung ke Jakarta," kata Andri.

Simak video 'Wacana Ganti Nama Jawa Barat, Ini Respons Ridwan Kamil':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2