Pemprov Jabar Targetkan Bangun 44 Apartemen Transit untuk Buruh

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 12:46 WIB
Sejumlah pekerja bangunan berlomba membuat rumah dalam Pameran Konstruksi Indonesia di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Yuk kita lihat.
Ilustrasi pekerja bangunan. (Foto: Pradita Utama)
Bandung -

Dinas Perumahan dan Permukiman Jawa Barat (Disperkim Jabar) menargetkan pembangunan 44 menara apartemen transit bagi buruh dan pekerja hingga 2030. Kadisperkim Jabar Boy Iman Nugraha mengatakan hunian vertikal ini dibangun untuk menutupi kesenjangan hunian bagi buruh.

Boy mengatakan hunian yang bisa ditinggali sementara ini lokasinya tidak jauh dari industri. "Sampai 2030, targetnya ada 44 tower tersebar di beberapa titik," ujarnya saat dihubungi, Rabu (14/10/2020).

Saat ini, Pemprov Jabar memiliki empat titik apartemen transit yang sudah ada di Kabupaten Bandung (Rancaekek dan Solokan Jeruk), Kota Bandung (Ujungberung), Kabupaten Bandung Barat (Batujajar). Rencananya tahun ini dibangun apartemen transit di Kabupaten Purwakarta, tetapi proyek itu dilanjutkan pada 2021 karena tahun ini anggaran pembangunan terkena refocusing penanganan COVID-19.

Begitu pun dengan proyek apartemen transit setinggi 11 lantai di Gedebage, Kota Bandung, yang belum bisa dikerjakan. Dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut membiayai.

"Dari pusat sudah ada, tapi kita tidak bisa kerjakan karena anggaran untuk pematangan lahan dan lain-lain refocusing, jadi dari PUPR di-drop saja," kata Iman.

Selanjutnya
Halaman
1 2