Mahasiswa-Buruh Mulai Kepung Gedung DPRD Jabar dan Gedung Sate

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 08 Okt 2020 12:46 WIB
Mahasiswa Demo di DPRD Jabar
Demonstran kembali menggelar aksi menolak Omnibus Law di Bandung, Kamis (8/10). (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Buruh dan mahasiswa mulai mengepung Gedung Sate dan Gedung DPRD Jabar, Kamis (8/10/2020). Mereka menuntut pemerintah pusat dan DPR RI mencabut Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Pantauan detikcom, ratusan mahasiswa dari Aliansi Cipayung berorasi di depan Gedung DPRD Jabar. Mereka berorasi dan melakukan aksi simbolis dengan merebahkan diri di atas aspal. "Lewat UU Cipta Kerja ini buruh dimatikan secara perlahan," pekik seorang mahasiswa.

Umpatan dan cacian kepada dewan wakil rakyat itu menggema dari para demonstran. Mereka pun memasang sejumlah spanduk bernada penolakan UU Cipta Kerja di depan pagar DPRD Jawa Barat.

Sementara itu aliansi buruh memadati bagian depan Gedung Sate. Hingga pukul 12.20 WIB, serikat pekerja satu persatu berdatangan ke lokasi unjuk rasa. Diperkirakan jumlahnya melebihi seribu orang yang datang pada hari puncak mogok nasional tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Tampak demonstran dari elemen mahasiswa yang membawa keranda mayat bertuliskan 'Omnibus Law Matinya Nurani Wakil Rakyat'. Keranda itu kemudian di arak ke tengah massa.

(yum/bbn)