Polisi Tak Keluarkan Izin Keramaian Deklarasi KAMI di Karawang

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 19:32 WIB
Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman Arifin
Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman Arifin (Foto: dok.Humas Polres Karawang)
Karawang -

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) bakal menggelar deklarasi di Karawang, Rabu (30/9/2020). Rencananya, deklarasi berlangsung di Tugu Proklamasi, Rengasdengklok. Namun polisi tidak memberikan izin keramaian kegiatan tersebut.

Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman Arifin menuturkan tidak mengeluarkan izin keramaian untuk agenda deklarasi KAMI di Rengasdengklok. Alasannya, kata Arif, Karawang masih darurat Corona.

"Untuk izin sesuai perintah dari Mabes Polri, selama masa pandemi tidak ada pemberian izin keramaian. Karawang sudah zona merah," kata Arif melalui telepon, Selasa (29/9/2020).

Ketua Presidium KAMI Kabupaten Karawang Elyasa Budiyanto mengungkapkan pihaknya tak merasa perlu meminta izin keramaian. Sebab, menurut Elyasa, deklarasi KAMI Kabupaten Karawang tidak akan digelar meriah melibatkan banyak orang.

"Kami hanya akan makan bakso. Pesertanya paling 25 sampai 30 orang. Lokasinya di warung bakso Jor Joran, Rengasdengklok," kata Elyasa.

Sejumlah tokoh nasional disebut-sebut akan hadir. beberapa di antaranya Din Syamsufdin dan Jenderal Purnawirawan Gatot Nurmantyo. "Kita rencananya nonton bareng film G30S PKI," ucap Elyasa.

Elyasa menegaskan pihaknya bakal menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Misalnya dengan menjaga jarak, mengenakan masker dan mencuci tangan. "Tidak perlu khawatir, ini hanya silaturahmi saja, cuma makan bakso. Protokol kesehatan akan dilakukan dengan ketat. Jadi tak usah khawatir," tutur Elyasa.

(bbn/bbn)