Polisi Selidiki Rentetan Aksi Maling Satroni Kantor Desa di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 19:27 WIB
Ilustrasi Pencurian Rumah
Ilustrasi kasus pencurian (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Sukabumi -

Sejumlah kantor desa di Sukabumi, Jawa Barat, disatroni maling . Dari sejumlah kasus yang ada aksi yang dilakukan terbilang mirip, begitu juga barang-barang yang digondol pelaku. Apakah saling berkaitan?

Kasat Reskrim Polres Sukabumi AKP Rizka Fadhila mengaku belum bisa menyimpulkan hal itu. Menurutnya, kasus tersebut masih dalam penyelidikan pihaknya.

"Belum bisa disimpulkan, masih kami lakukan penyelidikan," kata Rizka kepada detikcom, Selasa (29/9/2020).

Rizka mengimbau agar warga lebih waspada dan melakukan penjagaan internal agar kasus tersebut tidak terus berulang. Pengecekan situasi dan kondisi di sekitar lingkungan perkantoran juga harus rutin dilakukan.

"Untuk imbauan tentunya lebih waspada dan penjaga keamanan internal sering melakukan pengecekan sitkon lingkungan perkantoran," kata Rizka.

"Sedangkan upaya penindakan yg telah kami lakukan adalah meningkatkan patroli hunting daerah rawan dan berkoordinasi dengan instansi samping untuk memonitor para pelaku residivis serta seoptimal mungkin melakukan penangkapan terhadap para pelaku," tutur Rizka menambahkan.

Sebelumnya, rentetan aksi pencurian teror sejumlah kantor desa di Sukabumi, Jawa Barat. Catatan detikcom, peristiwa pencurian itu terjadi pada akhir tahun 2019 silam, aksi itu semakin 'menggila' pada September ini, dalam satu bulan 4 kasus terjadi bahkan ada yang dalam satu malam dua kantor desa dibobol.

Dilihat dari rentetan kasus yang terjadi, pelaku menyasar peralatan elektronik seperti komputer, laptop printer, hingga televisi. Para pelaku masuk ke dalam kantor dengan cara mencongkel jendela.

(sya/bbn)