Potensi Tsunami 20 Meter, Simak Simulasi Disiapkan Warga Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 16:38 WIB
Palabuhanratu Sukabumi
Palabuhanratu Sukabumi (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Sebagian warga pesisir di Teluk Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, terutama yang menjadi relawan Desa Tangguh Bencana (Destana), sudah mengetahui soal potensi tsunami setinggi 20 meter di selatan Jawa Barat.

Beragam ilmu mereka peroleh dari BPBD - BNPB termasuk pengetahuan menghadapi kebencanaan yang setiap saat mengintai. Pengetahuan itu kemudian mereka tularkan kembali ke tetangga dan kerabat terdekat mereka. Belajar untuk tidak panik, serta melakukan strategi yang harus diambil saat bencana alam mengerikan itu benar-benar terjadi.

"Apabila terjadi akan menimbulkan dampak yang luar biasa, bahkan ketinggian ombak puluhan meter. Sebelumnya akan ditandai dengan gempa bumi berkekuatan 9 magnitudo itu," kata Asep Edom Saefulloh, relawan Destana, saat ditemui di pesisir Pantai Citepus, Palabuhanratu, Sabtu (26/9/2020).

Awalnya Asep mengaku khawatir dan ketakutan setelah mendapat kabar yang disertai keilmuan disampaikan para ahli. Namun tanda-tanda alam sebelum peristiwa itu menjadi patokan untuk menyelamatkan diri ketika bencana alam dahsyat itu terjadi suatu saat nanti.

"Kami petugas di lapangan Destana bersama Balawista dan BPBD membentuk masyarakat yang tangguh siaga bencana. Lebih kepada tindakan preventif. Nah kita siaga dimana ada ciri-ciri ataupun sebuah terjadi gempa memang cukup luar biasa, insyaallah kami tidak akan panik. Kami akan segera cari tempat yang lebih aman, terutama ke dataran yang lebih tinggi. Kita amankan barang yang sangat penting saja, tidak usah membawa hal yang tidak penting. Diutamakan keselamatan diri dan masyarakat," tutur Edom.

Palabuhanratu SukabumiPalabuhanratu Sukabumi (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Tonton video 'Penjelasan Peneliti ITB soal Potensi Tsunami 20 M di Selatan Pulau Jawa':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2