Melihat Desa di Sukabumi Bersiap Hadapi Potensi Tsunami 20 Meter

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 08:38 WIB
Desa Tangguh Bencana di Sukabumi
Palabuhanratu Sukabumi (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Kabupaten Sukabumi -

Soal potensi tsunami disuarakan tim riset Institut Teknologi Bandung (ITB). Peneliti ITB Sri Widiyantoro menjelaskan soal potensi tsunami yang ketinggiannya dapat mencapai 20 meter di pantai selatan Jawa Barat dan 12 meter di selatan Jawa Timur.

Pemkab Sukabumi dan sejumlah elemen penanganan kebencanaan sudah mengantisipasi semua kemungkinan, termasuk yang paling buruk sekalipun. Ada puluhan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Kabupaten Sukabumi yang tidak hanya siap siaga menghadapi tsunami, tapi juga bencana alam yang lain.

"Destana, jadi kita lebih berfokus pada desa-desa yang ada di pesisir pantai. Mulai dari Cisolok, Pasirbaru, Pajagan, Karang Papak, Cimaja, Cikakak, Kelurahan Palabuhanratu dan Jayanti, sampai ke Ciemasnya sudah ada. Bahkan dalam waktu dekat ini kita dengan PUPR kementerian akan membangun kembali jalur evakuasi baru, itu atas masukan dari PUPR yang akan di pasang bulan Oktober," kata Kuswan Hermawan, pembina Destana Sukabumi, kepada detikcom, Sabtu (26/9/2020).

Desa Tangguh Bencana di SukabumiPapan petunjuk yang menjelaskan soal tempat evakuasi saat terjadi tsunami. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Ada sejumlah jalur evakuasi dibangun. Bukan hanya sekedar papan penunjuk, tapi juga disiapkan titik-titik yang dianggap aman sebagai lokasi kumpul atau evakuasi. Seluruh penunjuk itu terpasang di sepanjang jalur pesisir pantai di kawasan Teluk Palabuhanratu.

"Kalau jalur evakuasi sudah terpasang, itu protapnya dari BNPB dilaksanakan oleh BPBD dan Destana. Dalam setiap simulasi pun kita melibatkan warga sekaligus relawan. Mereka sebagai stakeholder paling bawah untuk BPBD itu ya itu, relawan relawan desa," tutur Kuswan.

Selanjutnya
Halaman
1 2