Positif Corona, Warga Sukabumi Nekat Kabur dari RS di Riau

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 17:00 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Kabupaten Sukabumi -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sukabumi mencatatkan penambahan kasus positif virus Corona. Hari ini ada sebanyak 12 orang yang hasil swab-nya positif COVID-19.

Dari 12 pasien itu, terdapat satu pasien yang diketahui melarikan diri saat menjalani isolasi di salah satu rumah sakit di Kota Dumai, Riau. Pasien asal Kecamatan Ciracap Sukabumi itu mengaku tidak betah sendiri di ruang isolasi dan ingin menjalani perawatan di Sukabumi.

"Perempuan usia 34 tahun asal Kecamatan Ciracap. Ia melarikan diri dari isolasi di Dumai, Riau. Alasannya karena ia tidak mau sendiri diisolasi dan ingin dirawat di Sukabumi," kata Staf Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Kabupaten Sukabumi (Pusikokami) Eneng Yulia Handayani, Selasa (24/9/2020).

Pihak rumah sakit di Riau itu kemudian menelepon seorang dokter di Sukabumi. "Pasien kabur dari rumah sakit di Riau. Kemudian dokter di sana menghubungi dokter di Sukabumi. Pasien itu ada KTP-nya (warga Sukabumi). Kemudian kita tracking dan akhirnya diketahui," ucapnya.

Data dari Gugus Tugas, selain pasien perempuan asal Ciracap, ada juga 11 pasien baru. Mereka yaitu perempuan usia 23 tahun asal Kecamatan Cicurug, pria berusia 47 tahun asal Kecamatan Parungkuda, pria berusia 48 tahun asal Kecamatan Cibadak, perempuan berusia enam tahun dan perempuan berusia 39 tahun asal Kecamatan Sukalarang.

Lalu, pria berusia 38 tahun asal Kecamatan Cisaat, tiga pasien asal Kecamatan Nagrak terdiri dua pria berusia 58 tahun dan 29 tahun serta satu perempuan berusia 25 tahun. Sedangkan di Kecamatan Parungkuda perempuan berusia 24 tahun dan laki-laki berusia 44 tahun.

"Dari 12 pasien yang dinyatakan positif COVID-19 itu, enam pasien di rawat di rumah sakit untuk mendapatkan tindakan medis dan enam pasien di antaranya telah menjalani isolasi mandiri," ucap Neng.

Selanjutnya
Halaman
1 2