Round-Up

Panik Warga Cianjur Santap Beras Bercampur Plastik

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 08:44 WIB
Beras bansos bercampur plastik di cianjur
Butiran biji plastik (tangan kiri) diperlihatkan warga Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Warga Cianjur, Jawa Barat, dihebohkan dengan beberapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapatkan beras Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bercampur butiran plastik. Panik mendera sejumlah warga lantaran beras itu terlanjur masuk perut.

Temuan berawal ketika salah satu KPM di Kampung Margaluyu, Desa Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung, memasak beras BPNT yang diterimanya beberapa hari lalu. Setelah matang, tekstur nasinya berbeda dengan biasanya.

"Nasinya itu sedikit lembek dan lengket, tidak pulen," ujar Ridwan Yulianto, salah satu warga, Minggu (20/9).

Begitu dicek, ia dan warga lainnya terkejut sekaligus panik mendapati ada butiran bening mirip beras yang bercampur dengan beras BPNT. "Dalam satu karung beras ada puluhan butir beras yang mirip biji plastik," katanya.

Tidak hanya satu KPM, tapi banyak warga lainnya yang menemukan biji plastik dalam beras BPNT yang didapatnya. "Di Kampung saya saja ada beberapa warga yang dapat beras BPNT dengan bercampur beras plastik tersebut," ucap Ridwan.

Titin (50), KPM lainnyam mengaku sempat mengkonsumsi beras bercampur butiran plastik. Menurutnya begitu mendapatkan bantuan beras dan sembako lainnya dari program BPNT, ia langsung memasaknya untuk makan anak serta cucunya.

"Awalnya tidak tahu ada butiran plastik, jadi langsung masak saja. Tapi begitu dimakan, terasa ada butiran keras yang tergigit. Saya kira itu kerikil yang belum terbuang saat mencuci beras. Begitu saya lihat, ternyata butiran plastik," ujar Titin.

Selanjutnya
Halaman
1 2