Ini Penampakan Butiran Plastik yang Bercampur dengan Beras Bansos di Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 15:36 WIB
Beras bansos bercampur plastik di cianjur
Foto: Ismet Selamet
Cianjur -

Warga Desa Sukaratu Kabupaten Cianjur memperoleh beras bantuan sosial (Bansos) Bantuan Pangan non Tunai (BPNT) bercampur butiran plastik.

Beras tersebut merupakan bantuan sembako untuk warga tidak mampu dengan paket bantuan berupa beras, telur atau daging dan minyak goreng.

Sayangnya beras yang diterima warga Desa Sukaratu malah bercampur dengan butiran plastik.

Butiran plastik tersebut berbentuk bulat pipih dan juga lonjong seukuran dua kali ukuran bulir beras. Ukurannya yang tak beda jauh dengan beras, semakin tak terlihat, dengan warna transparan membuatnya menyatu dengan beras di dalam karung.

"Ukurannya tidak beda jauh, terlebih transparan. Makanya sekilas tidak terlihat ada butiran beras dalam beras bansos tersebut. Ketahuannya juga setelah ada masak nasi bercampur plastik itu, teksturnya sedikit lembek dan lengket. Setelah dicek ternyata beras yang diterima terdapat butiran plastik," ucap Ridwan Yulianto, salah seorang warga via telepon seluler, Minggu (20/9/2020).

Dalam setiap karung, terdapat puluhan butir plastik. "Kemarin sempat disortir begitu ditemukan adanya butiran plastik. Setiap karung kecilnya itu ada puluhan butir plastik. Tidak hanya satu KPM, di kampung saya saja ada beberapa KPM yang mengalami hal serupa," ungkapnya.

Beras bansos bercampur plastik di cianjurBeras bansos bercampur plastik di cianjur Foto: Ismet Selamet

Sementara itu, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, mengaku bakal menugaskan Dinas Sosial untuk mengecek informasi penemuan beras BPNT yang bercampur beras plastik di Bojongpicung.

"Saya sudah perintahkan Dinsos untuk tindaklanjuti. Kami juga akan tanyakan pada supplier terkait temuan warga tersebut," kata dia.

(ern/ern)