Ini Deretan Sanksi Bagi Pelanggar PSBM Kota Cimahi

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 17:07 WIB
Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Ilustrasi (Foto: Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Cimahi -

Kota Cimahi yang saat ini kembali masuk ke zona merah penyebaran COVID-19 membuat pemerintah daerah langsung memutuskan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM).

PSBM tersebut resmi diberlakukan mulai Selasa (15/9/2020) selama 14 hari ke depan. Teknisnya pun tak berbeda jauh dengan pelaksanaan PSBB beberapa bulan lalu saat pandemi COVID-19 terjadi.

Selama pemberlakuan PSBM, Pemerintah Kota Cimahi bakal menerapkan sejumlah larangan dan sanksi bila dilanggar oleh masyarakat dengan landasan Peraturan Wali Kota Cimahi. Berikut sanksi yang bisa menjerat warga pelanggar PSBM Kota Cimahi.

Sanksi Sosial

Pelanggar PSBM bakal dikenai sanksi sosial oleh Pemerintah Kota Cimahi. Sanksi tersebut diterapkan sebagai upaya memberikan efek jera bari masyarakat yang melanggar.

Bentuk sanksi sosial yang akan menjerat pelanggarnya seperti membersihkan ruang publik sambil memakai rompi berwarna orange. Sanksi tersebut sudah sempat diterapkan sebelum PSBM.

Sanksi sosial lainnya bagi warga yang melanggar yakni push up. Misalnya seorang warga kedapatan tak bermasker, maka akan langsung dihukum push up lalu diberikan masker secara cuma-cuma.

"Untuk sanksi awal bagi pelanggar protokol kesehatan selama PSBM itu teguran dan sanksi sosial. Misalnya bersih-bersih ruang publik dan dihukum push up. Intinya biar mereka jera juga " ungkap Jubir Gugus Tugas COVID-19 Kota Cimahi, Harjono.

Selanjutnya
Halaman
1 2