Tak Pakai Masker, Polisi Hukum Warga di Bandung Bacakan Pancasila

Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 17:54 WIB
Razia pelanggar masker di Kabupaten Bandung.
Foto: Razia pelanggar masker di Kabupaten Bandung (Muhamad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Polresta Bandung lakukan operasi penggunaan masker di setiap titik keramaian di Kabupaten Bandung. Sejumlah warga yang ditemukan tidak memakai masker diharuskan membacakan Pancasila.

Seperti operasi yang dilakukan Kapolresta Bandung Kombes Hendra Kurniawan di depan kawasan Rumah Sakit Al Ihsan Baleendah, Selasa (14/9/2020) siang. Hendra menemukan banyak warga yang tidak memakai masker saat di luar rumah.

Meski demikian, pihaknya belum memberikan sanksi tegas berupa sanksi denda. Melainkan, menyuruh warga tersebut untuk membacakan Pancasila.

"Dalam rangka pencegahan dan memutus mata rantai semua jajaran kepolisian termasuk Polresta Bandung beserta jajarannya, akan terus menggalakan program penggunaan masker. Salah satunya hari ini datang ke sekitar Rumah Sakit Baleendah ini kita masih menemukan ada beberapa warga belum patuh terhadap penggunaan masker, dan kita bagikan masker ini," ucap Hendra.

Pihak kepolisian menyiapkan sekitar 3,2 juta masker untuk dibagikan kepada warga Kabupaten Bandung. Pembagian masker tersebut dimaksudkan agar warga memiliki stok masker cukup banyak. Dirinya menilai, masih banyak warga yang menggunakan masker lebih dari satu hari.

Pelaksanaan razia tersebut merupakan pelaksanaan dari surat edaran Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang ditujukan kepada setiap kepala daerah dan gugus tugas di setiap daerah. Selain itu, bersamaan pula dengan Operasi Yustisi Wajib Bermasker dari Polri.

"Insya Allah Polresta Bandung ini akan mencoba bekerjasama dengan seluruh stakholder dan seluruh CSR akan melaksanakan pengadaan dengan target 3,2 juta masker, sesuai dengan jumlah penduduk Kabupaten Bandung. Nanti akan kita sebarkan Babinkantibmas di masing-masing daerah," tambah Hendra.

Di lokasi berbeda, Satuan Lalu Lintas Polresta Bandung pun ikut membagikan masker kepada warga yang melintasi pintu Tol Soreang. Warga yang tidak memakai masker pun diminta untuk membacakan Pancasila.

"Masih ada warga yang mungkin kelupaan karena merasa aman dengan teman dekatnya sehingga tidak menjalankan protokol kesehatan," ujar Wakasatlantas Polresta Bandung AKP Rizky Adi Saputro.

(mso/mso)