Jijik, Sungai Cipamokolan Bandung Penuh Busa dan Bau

Wisma Putra - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 17:36 WIB
Sungai cipamokolan tercemar limbah
Foto: Wisma Putra
Bandung -

Aliran Sungai Cipamokolan, Kecamatan Rancasari Kota Bandung, Jawa Barat mendadak dipenuhi busa berwarna putih. Air sungai berwarna hitam dan banyak sampah sehingga menimbulkan bau tak sedap.

Pantauan detikcom, Senin (14/9/2020) kejadian itu terjadi di Jalan Kebon Jeruk, Kecamatan Rancasari sekitar Pukul 16.00 WIB.

Busa tersebut seperti busa deterjen atau sabun cuci yang biasa ditemui, namun busa yang mengalir dialiran sungai tersebut jumlahnya banyak dan menggumpal. Seperti diketahui, naliran sungai itu akan bermuara ke Sungai Citarum.

Warga sekitar, Somantri mengatakan, pemandangan ini kerap terjadi jika Bendungan Sungai Cipamokolan dibuka. "Sekali-kali, kalau bendungan dibuka, airnya seperti air terjun (mengalir deras) baru seperti ini (berbusa)," katanya kepada detikcom.

Sambil duduk dan berbincang di tembok penahan tanah sungai, Somantri dan rekannya melihat kondisi aliran sungai.

Sungai cipamokolan tercemar limbahSungai cipamokolan tercemar limbah Foto: Wisma Putra

Menurut Somantri biasanya, aliran air di sungai tersebut hanya berwarna hitam saja. "Kalau biasanya, item aja," ujarnya

Selain itu juga aliran air di sungai tersebut menimbulkan bau tak sedap. "Bau pak," kaluhnya kepada detikcom.

Tak hanya Somantri dan rekannya, warga lainnya pun turut menyaksikan pemandangan sungai dipenuhi busa.

Saat ditelusuri ke Bendungan Sungai Cipamokolan, terlihat pintu bendungan dibuka dan air terjun bebas. Sehingga, akibat aliran sungai yang sangat deras menimbulkan busa berwarna putih.

Belum diketahui penyebab busa yang muncul di aliran sungai tersebut. Namun Somantri menduga aliran sungai tersebut terkontaminasi limbah industri. "Mengeluh, harapannya supaya pabrik-pabrik yang ada di atas sana, jangan membuang limbah ke kali," harapnya.

(wip/ern)