Abai Jaga Jarak, Pelamar Kerja Sesaki Kantor Disnaker-Pos Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 14:59 WIB
Pelamar Kerja di Cianjur
Pelamar kerja sesaki Kantor Pos Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Pelamar kerja menyesaki Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) serta Kantor Pos Cianjur. Penumpukan pelamar kerja ini terjadi karena salah satu perusahaan besar di Cianjur membuka lowongan pekerjaan di tengah pandemi Corona atau COVID-19.

Berdasarkan pantauan detikcom di Kantor Disnakertrans Kabupaten Cianjur, Jalan Pangeran Hidayatullah, Jumat (11/9/2020), sekitar pukul 11.00 WIB, antrean pembuat kartu kuning masih terlihat. Mereka sudah mulai antre sejak pukul 07.00 WIB dan terus bertambah hingga mencapai ribuan orang.

Namun para pelamar kerja yang membuat kartu kuning itu tidak mematuhi protokol kesehatan berjaga jarak. Antrean tampak begitu padat, tanpa ada jarak antarmereka.

Kondisi serupa juga terlihat di Kantor Pos Cianjur. Pelamar kerja yang sudah lengkap persyaratannya itu antre untuk mengirimkan dokumen ke perusahaan melalui kantor pos.

Panjangnya antrean membuat mereka harus duduk menunggu dipanggil petugas yang menerima dokumen lamaran mereka. Winda Safitri (20), salah seorang pelamar, mengaku harus antre lama di Disnakertrans dan Kantor Pos agar persyaratan dan dokumen lamarannya bisa masuk.

Meski begitu dia dan para pelamar kerja lainnya rela menunggu lama agar bisa melamar pekerjaan. Mengingat belum lama ini dia diberhentikan oleh tempat kerja sebelumnya akibat dampak pandemi.

"Sekitar dua bulan lalu diberhentikan, karena ada pengurangan karyawan akibat pandemi. Makanya sekarang mumpung ada kesempatan mau coba ngelamar kerja lagi, soalnya susah cari kerja sedang pandemi begini," ucap Winda di kantor Disnakertrans Cianjur.

Selanjutnya
Halaman
1 2