Manuver Tank TNI Gilas Gerobak-Motor di KBB Sebelum Latihan Tempur

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 11:08 WIB
Tank TNI Tabrak Gerobak di Bandung Barat
Tank tabrak gerobak dan motor di Bandung Barat (Foto: tangkapan layar video viral)
Bandung Barat -

Kendaraan tank lapis baja milik Batalyon Kavaleri (Yonkav) 4/Kijang Cakti mengalami kecelakaan di Jalan Raya Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (10/9) siang.

Tank tempur jenis AMX-13 buatan Perancis itu menabrak gerobak gorengan dan empat sepeda motor yang terparkir di tepi jalan Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Detik-detik kecelakaan diawali dari datangnya satu unit tank yang bermanuver belok kiri ke arah Rajamandala. Tank tersebut berhasil belok dengan mulus lalu tancap gas.

Disusul oleh tank ke dua yang juga membelok ke arah kiri. Sayangnya, tank ke dua ini terpelanting lantaran belok dalam kecepatan tinggi hingga tak bisa dikendalikan lalu menabrak jejeran motor dan gerobak.

Komandan Batalyon Kavaleri-4/KC Letnan Kolonel Embi Triono mengatakan peristiwa itu terjadi saat satuan dari Yonkav-4 sedang melaksanakan konvoi dalam rangka kegiatan uji siap tempur. Tank baja dari barisan ke dua itu melaju dari arah PLTA Saguling kemudian belok kiri ke Jalan Raya Cipatat menuju arah Cianjur.

"Ya memang betul sekitar jam 11.00 terjadi kecelakaan pada saat latihan. Tank dari satuan kami menyerempet gerobak dan sepeda motor," ungkap Embi di lokasi.

Embi memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, gerobak tahu goreng dan empat kendaraan roda dua yang tertabrak mengalami kerusakan. Meski demikian, TNI sudah mengganti rugi langsung kerugian materil milik warga yang terlibat dalam kecelakaan tersebut.

"Untuk kerugian yang ditimbulkan, kita sudah inventarisir siang tadi kita sudah selesaikan ganti rugi terhadap masyarakat semuanya sudah selesai dan dengan masyarakat semuanya sudah clear," jelasnya.

Sementara untuk proses selanjutnya, Embi menyebutkan Pomdam III Siliwangi sudah turun langsung. Menurutnya, yang terpenting tidak ada korban jiwa baik dari prajurit maupun dari warga.

"Semua sudah kita tangani dan kita proses oleh Pomdam III Siliwangi untuk proses lebih lanjut," tandasnya.

Ditemui di lokasi yang sama Kasatlantas Polres Cimahi AKP Susanti Samaniah mengatakan, pihak kepolisian sudah melakukan olah tempat kejadian perkara. Saat ini, kecelakaan tersebut sudah diserahkan ke Sub Detasemen Polisi Militer.

"Olah TKP kita lakukan kurang lebih 20 menit. Sekitar jam 11.00 betul ada tank menabrak satu buah roda tahu dan empat motor. Semua sudah kita tangani dan sudah kita serahkan ke Subdenpom. Subdenpom sendiri sudah melakukan musyawarah dan ganti rugi," katanya.

Tonton video 'Pemilik Gerobak-Motor yang Diseruduk Tank TNI Terima Ganti Rugi':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)