Heboh Bandung Zona Hitam, Pemkot: Tak Seperti Itu

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 21:58 WIB
Bandung Zona Hitam Hoaks
Viral foto Kota Bandung zona hitam. (Foto: tangkapan layar foto viral)
Bandung -

Tersebar di media sosial peta Kota Bandung masuk zona hitam penyebaran Corona atau COVID-19. Dari foto yang tersebar, Rabu (9/9/2020), peta Kota Bandung berubah menjadi hitam dan hanya menyisakan satu kecamatan yang masih zona merah.

Sekadar diketahui, peta Bandung masuk zona hitam tersebar sejak terjadi lonjakan 117 ASN dan non-ASN di lingkungan Pemkot Bandung positif COVID-19. Sekda Kota Bandung Ema Sumarna membantah Bandung masuk zona hitam COVID-19.

"Kalau memang positif aktif itu memang ketentuannya itu. Sekarang kan polanya sudah tidak seperti itu (zona hitam), itu sudah tidak berlaku lagi yang saya tahu," kata Sekda Kota Bandung Ema Sumarna.

Ema menegaskan Kota Bandung masih ada di zona orange. "Zonanya kita berdasarkan yang ada, pusat juga yang menentukan Bandung masuknya zona orange. Tidak ada yang pakai seperti itu (zona hitam)," kata Ema.

Dari informasi yang dihimpun detikcom dari laman web Pusat Informasi COVID-19 (Pusicov) Kota Bandung, peta sebaran COVID-19 di Kota Bandung yang menyertakan keterangan warna wilayah yaitu hijau, biru, orange, dan merah. Tidak ada zona berwarna hitam.

Sementara itu, untuk data positif kumulatif saat ini mencapai 861, positif aktif 101, sembuh 709 dan meninggal dunia 51 orang.

Tonton juga video '117 Pegawai Pemkot Bandung Positif Covid-19, Balkot Disterilisasi!':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/bbn)