Diapit 4 Daerah Zona Merah, Begini Respons Pemkab Bogor

M. Sholihin - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 21:56 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Bogor -

Saat ini Kabupaten Bogor diapit oleh empat wilayah dengan status zona merah COVID-19 atau wilayah dengan resiko tinggi penyebaran COVID-19, yakni Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi (Bodebek).

Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin mengatakan saat ini pihaknya masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Pra Adaptasi dengan pelonggaran di beberapa sektor. Ade masih menunggu perkembangan penanganan kasus COVID-19 di akhir pemberlakuan PSBB.

"Kita kan pembatasannya sampai 10 September, nanti perkembangan dilihat setelah 10 September seperti apa dan penanganannya seperti apa. Tapi sekarang kita masih melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Pra Adaptasi," kata Ade Munawaroh usai menandatangani kerja sama penanganan COVID-19 dengan Pemkot Bogor di Kebun Raya Bogor, Jumat (4/9/2020).

Ade menyebut Kabupaten Bogor merupakan wilayah yang didominasi oleh pedesaan yang disebutnya minim penularan COVID-19. Meski begitu, kata dia, penanganan khusus tetap dilakukan di wilayah perkotaan dan zona merah di Kabupaten Bogor.

"Penanganan di kami itu kan lebih banyak di desa ya, dan desa sebetulnya tidak perlu terlalu khawatir untuk cepat terpapar. Perlu dikhawatirkan itu di wilayah kota, dan kita penanganan di wilayah kota. Di zona merah ini merupakan persoalan sendiri dan kita tangani secara khusus, gitu. Jadi tidak bisa diratakan 40 kecamatan (se-Kabupaten Bogor) penanganannya sama," tutur Ade.