Tolak Deklarasi KAMI di Bandung, Puluhan Orang Demo di Depan Gedung Sate

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 12:14 WIB
Tolak Deklarasi KAMI
Foto: Demo tolak deklarasi KAMI di Bandung (Wisma Putra/detikcom).
Jakarta -

Puluhan orang yang tergabung dalam Ikatan Cendikia Cipayung menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Sate, Kota Bandung. Mereka menolak rencana deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Senin (7/9/2020) mendatang

Pantauan detikcom, Kamis (3/9/2020), puluhan masa aksi ini datang dengan berjalan kaki, dipimpin oleh koordinator aksi yang menaiki mobil komando. Dalam aksinya, masa membentang spanduk dan pamflet yang berisikan penolakan terhadap acara deklarasi tersebut.

"Kami akan menolak deklarasi KAMI yang akan digelar di Kota Bandung," kata koordinator aksi Sakuntala dalam orasinya.

Sakuntala menyebut kegiatan deklarasi itu sarat dengan kepentingan politik. "Kami sangat menolak kepentingan politik yang dicampurkan dengan masalah yang terjadi di Kota Bandung dan Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan deklarasi KAMI rawan memicu kerumunan masa. Padahal pandemi COVID-19 di Kota Bandung masih belum berakhir. "COVID-19 belum selesai, hanya ingin menggiring partisipan, hanya karena mereka tidak masuk struktural di pemerintahan," tuturnya.

Untuk itu pihaknya meminta kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wali Kota Bandung Oded M Danial agar tidak memberikan izin kegiatan tersebut.

"Kami sangat menuntut kepada Gubernur, Wali Kota, karena ini kepentingan politik saja, apabila sampai terjadi Gubernur dan Wali Kota mendukung kepentingan tersebut," ujarnya.

Pihaknya meminta kepada Ridwan Kamil dan Oded M Danial agar mementingkan kepentingan rakyat. "Kepentingan rakyat di Indonesia nomor satu, bukan deklarasi, bukan kepentingan sendiri, bukan kepentingan kelompok, tapi kepentingan rakyat Indonesia," tuturnya.

Usai menggelar orasi didepan Gedung Sate, masa bergeser ke Polrestabes Bandung. Mereka akan meminta pihak kepolisian agar tidak memberikan izin kegiatan tersebut.

Tonton video 'Gatot Nurmantyo Singgung Bahaya Proxy War dan Oligarki Kekuasaan!':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)