Anggota DPRD Jabar Ikut Diperiksa KPK soal Kasus Korupsi RTH Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 21:05 WIB
Anggota DPRD Jabar Haru Suandharu.
Foto: Anggota DPRD Jabar Haru Suandharu (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Anggota DPRD Jabar Haru Suandharu ikut diperiksa KPK terkait kasus dugaan korupsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Bandung. Haru dicecar seputar penganggaran di dewan.

Haru dimintai keterangan atas kapasitasnya sebagai mantan anggota DPRD Kota Bandung periode 2009-2014. Dia diperiksa sebagai saksi atas tersangka Dadang Suganda.

"Ya nanyain saja tentang mekanisme pembahasan perencanaan anggaran di Kota Bandung," ucap Haru usai pemeriksaan di Gedung Satuan Sabhara Polrestabes Bandung, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (2/9/2020).

Haru mengaku mendapat sekitar tujuh pertanyaan dari penyidik KPK. Semuanya, kata dia, berkaitan dengan proses penganggaran di dewan saat itu.

"Ya bagaimana mekanisme pembahasan APBD dari sejak perencanaan," katanya.

Saat duduk di kursi DPRD Kota Bandung, Haru sempat menjadi anggota Badan Anggaran (Banggar). Banggar juga turut merumuskan untuk pengadaan lahan RTH di Kota Bandung. Hal itu juga yang ditanyakan penyidik saat kepada Haru saat diperiksa.

"Ya tadi ditanyakan. Saya bilang kita pembahasan global ya selalu setiap pembahasan ada pendapatan pajak setiap OPD, jadi tidak spesifik membahas satu mata anggaran. Membahas pengadaan RTH se-Bandung, sekolah, kantor kecamatan," ujar dia.

(dir/mso)