Banyak yang Pensiun, Pemkab Ciamis Kekurangan 6.000 PNS

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 01 Sep 2020 09:47 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya
Foto: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Pemkab Ciamis kini dalam kondisi kekurangan pegawai sampai 6.000 PNS. Penyebabnya banyak pegawai yang pensiun setiap tahun dan pindah. Sedangkan jumlah penerimaan PNS tidak sebanding dengan pengurangannya.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menerangkan kekurangan PNS ini terutama untuk tenaga Pendidikan dan Kesehatan. Sehingga saat ini banyak sekolah-sekolah di Ciamis yang guru PNS-ya berjumlah sedikit. Untuk memaksimalkannya ada yang memberdayakan tenaga honorer. Setiap tahun guru yang pensiun mencapai ratusan.

"Penerimaan PNS moratorium sejak 2010, baru ada rekrutmen di tahun 2019. Itu juga dengan kuota sedikit hanya 27 orang. Sedangkan Pemkab Ciamis membutuhkan kurang lebih 6.000 PNS di pendidikan dan kesehatan," ujar Herdiat, Selasa (1/9/2020).

Untuk mengupayakan agar penerimaan PNS di Ciamis besar, Bupati Herdiat Sunarya akan mendatangi Kementerian Pendidikan dan Kesehatan. Akan menyampaikan kekurangan pegawai yang jumlahnya cukup besar.

"Untuk akhir tahun 2018 lalu saja Ciamis kekurangan 6.200 orang, karena pensiun dan meninggal. Ada juga yang pindah ke daerah lain, jumlahnya 500 orang," ungkap Herdiat.

Herdiat mengemukakan saat ini banyak sekolah yang mengalami kekosongan Kepala Sekolah sampai 1 tahun. Kondisi ini dikhawatirkan akan mengganggu proses pembelajaran.

"Supaya tidak mengganggu proses pembelajaran nantinya, maka kami melaksanakan seleksi bakal calon kepala sekolah," ucapnya.

Menurutnya, tenaga pendidikan mempunyai tanggung jawab besar. Pendidik dituntut menciptakan generasi berkualitas.

Lihat juga video 'Eks PNS Jadi Tersangka Korupsi APBD Bungo Jambi 2018':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)