Pakai Seragam Kebesaran, Raden Rangga Cerita Awal Gabung Sunda Empire

ADVERTISEMENT

Pakai Seragam Kebesaran, Raden Rangga Cerita Awal Gabung Sunda Empire

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 15:53 WIB
Sidang Sunda Empire
Raden Rangga diperiksa dalam sidang lanjutan Sunda Empire di PN Bandung (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Sekretaris Jenderal Sunda Empire Raden Rangga Sasana dihadirkan ke persidangan. Rangga bercerita soal asal muasal dirinya bergabung dengan Kekaisaran Sunda Empire yang bikin heboh itu.

Rangga terlihat hadir di ruang sidang Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung pada Selasa (25/8/2020). Rangga terlihat menggunakan seragam Sunda Empire lengkap berwarna hitam.

Rangga lantas bercerita awal muka dirinya masuk ke Sunda Empire. Menurutnya dia sudah mengenal Nasri Banks, Perdana Menteri Sunda Empire sudah sejak aktif sebagai aktivis tahun 1998.

"Kenapa saya percaya, beliau adalah salah satu rekanan aktivitas di 98. Beliau punya partai saya punya partai. Di sisi itu mewarnai dan membangun majelis partai-partai," kata Rangga saat diperiksa sebagai terdakwa.

Keduanya lalu berpisah. Selang beberapa tahun atau pada tahun 2019, Rangga kemudian melihat aktivitas Nasri Banks di Facebook. Saat itu, Nasri Banks berbicara soal Sunda Empire.

Singkat cerita, keduanya bertemu dan Nasri Banks menjelaskan soal Sunda Empire. Menurutnya, Rangga tertarik karena visi misi Sunda Empire untuk menyejahterakan masyarakat.

"Saya jumpa dengan beliau, Sunda yang dimaksud tatanan Sunda, bukan kerajaan Sunda tapi Kekaisaran Sunda yang berangkat dari son of empire, berbeda dari kesukuan. Perkara persoalan Sunda saya tanya ke beliau, 'bung Nasri, ini kalau saya masuk, benar perjuangannya?' Benar mewujudkan kesejahteraan dunia. Beliau menjamin adanya kebenaran," kata Rangga.

Rangga lantas diangkat menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) yang membawahi enam gubernur jenderal Sunda Empire. Menurut Rangga hal itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari Nasri Banks. Rangga diangkat menjadi Sekjen untuk mengurus gelaran The Hereen 17.

"Berkaitan itu baru persiapan pada dekade jelang posisi mulai dekade 16 mulai bekerja. Baru mau bekerja sudah ada kisruh penangkapan ini," tuturnya.

(dir/mso)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT