Petugas Gabungan Awasi Wisatawan Pangandaran

Faizal Amiruddin - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 21:35 WIB
Indahnya Langit Pantai Pangandaran Memasuki Musim Kemarau
Pantai Pangandaran (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Libur panjang akhir pekan ini petugas gabungan melancarkan operasi pengawasan protokol kesehatan di kawasan objek wisata pantai Pangandaran. Kejadian pekan lalu atau pada libur 17 Agustus, saat banyak pengunjung yang abai terhadap protokol kesehatan, menjadi motivasi agar kejadian itu tak terulang.

Puluhan petugas siaga di sejumlah titik, untuk mengawasi penggunaan masker terhadap warga, wisatawan dan pelaku usaha yang mengabaikan protokol kesehatan. Mereka yang kedapatan tak mengenakan masker, disuruh putar balik untuk mengambil atau membeli masker terlebih dahulu.

Jika rumahnya jauh atau keberatan putar balik, pelanggar diberi hukuman push-up sebelum diberi masker oleh petugas. "Pantai Pangandaran kawasan wajib masker. Kami terus berusaha disiplinkan wisatawan, warga dan pelaku usaha agar senantiasa memperhatikan protokol kesehatan," kata Kapolsek Pangandaran Kompol Suyadi didampingi Danramil Pangandaran Mayor Inf. Ikeu Masrika, Kamis (20/8/2020).

Petugas berjaga di beberapa titik strategis di antaranya di seluruh akses masuk, di simpang tiga Pangandaran Sunset, pantai barat, pantai timur dan titik lainnya. Kehadiran petugas ini cukup efektif membuat wisatawan lebih memerhatikan penggunaan masker.

Berdasarkan pantauan, Kamis sore, objek wisata pantai Pangandaran belum terlalu padat, kendati pengunjung terus berdatangan. Suasana di tepi pantai pun masih tak terlalu padat. Pengunjung masih memiliki ruang untuk menjaga jarak satu sama lain.

(bbn/bbn)