Long Weekend, Wisatawan Sambangi Ciwidey Via Tol Soroja

Muhammad Iqbal - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 15:39 WIB
Tol Soroja
Gerbang Tol Soroja (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Jumlah kendaraan di Tol Soroja meningkat bertepatan di hari pertama libur tahun baru Islam dan momen long weekend. Kendaraan tersebut mengarah ke beberapa lokasi wisata di Kabupaten Bandung, khususnya kawasan Ciwidey.

Kasatlantas Polresta Bandung Kompol R. Erik Bangun Prakasa mengatakan peningkatan terjadi dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 siang ini.

"Untuk situasi arus lalin di Gate Tol Soroja terpantau ramai lancar, terlihat arus lalin yang keluar masuk Gate Tol Soroja mengalami peningkatan," ujar Erik, Kamis (20/8/2020).

Ia menyebutkan jumlah kendaraan yang masuk melalui Tol Soroja meningkat sekitar 200 persen dan kendaraan yang keluar Tol Soroja mengalami peningkatan sekitar 60 persen. Menurut Erik, 60 persen kendaraan tersebut mengarah menuju lokasi wisata yaitu kawasan Ciwidey.

"Jumlah kendaraan yang keluar melalui Tol Soroja dari pukul 06.00-09.00 WIB sekitar 1.297 kendaraan, kemudian dari pukul 09.00-12.00 WIB sekitar 2.084 kendaraan. Dari sana terlihat tren kendaraan yang meningkat sekitar 787 kendaraan atau sekitar 60 persen peningkatannya," tuturnya.

"Sementara itu, kendaraan yang masuk dari Tol Soroja menuju Bandung pun mengalami peningkatan. Tren peningkatannya sekitar 1.065 kendaraan," ucap Erik menambahkan.

Tonton juga video 'Yang Harus Diperhatikan Kalau Ingin Wisata di Tengah Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



Selain di Tol Soroja, kata Erik, sejumlah jalur utama di Kabupaten Bandung belum terlihat ada peningkatan jumlah kendaraan. Ia menjelaskan exit Tol Cileunyi dan jalur menuju Garut dan Tasikmalaya masih terpantau normal.

"Arus lalin hingga dengan pagi hari ini belum ada peningkatan arus, masih normal," ujarnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan, Satlantas Polresta Bandung sudah menyiapkan tiga pos di jalur utama Kabupaten Bandung. Di antaranya, Pos Cileunyi, Pos Cikaledong dan Pos Ciwidey. Untuk mengantisipasi antrian, petugas tol membuka 4 pintu keluar tol dari 6 pintu yang ada.

"Ada tiga pos pengamanan ini kita harapkan dapat membantu masyarakat beraktifitas di libur panjang tahun Islam ini. Kemudian peningkatan arus ini akan kami pantau terus sampai dengan sore hari nanti," kata Erik.

Selain itu, polisi akan melakukan sejumlah rekayasa jalan bila ditemukan kepadatan kendaraan. Di exit Tol Cileunyi misalnya, kata Erik, kendaraan yang akan melaju menuju Garut dan Tasik akan diprioritaskan.

Kemudian bagi pengguna jalan menuju lokasi wisata, di mana kendaraan yang akan menuju Ciwidey akan diprioritaskan. Sebaliknya, bila saat sore hari, kendaraan yang pulang dari Ciwidey nantinya akan diprioritaskan.

"Rekayasa sendiri akan kita laksanakan secara selektif, melihat situasi di lapangan. Kalau memang yang padat adalah yang dari barat menuju timur, nanti jalur tersebut diprioritaskan untuk yang melintas dari barat menuju Garut dan Tasikmalaya," ucapnya.

"Kita melakukan rekayasa di pertigaan Sadu, kita fokuskan untuk jalur yang padat di mana. Di hari ini bila jalur yang padat itu jalur naik maka akan kita prioritaskan yang naik ke lokasi wisata. Pada sore harinya atau nanti kepadatan untuk jalur wisata yang turun atau kembali akan kita prioritaskan yang dari atas ke bawah," tutur Erik melanjutkan.

Sementara itu, peningkatan jumlah kendaraan diprediksi akan terjadi pada sore hari. Jalur wisata, menurut Erik, diprediksi akan mengalami peningkatan jumlah kendaraan. "Diprediksi sore nanti akan terjadi peningkatan, untuk jalur wisata di wilayah kita," ucap Erik.

(bbn/bbn)