Libur Panjang, Wisatawan Padati Kawasan Lembang

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 15:14 WIB
Wisatawan Padati Kawasan Lembang
Kendaraan padati kawasan Lembang bertepatan libur panjang akhir pekan. (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Memasuki masa libur Tahun Baru Islam dan libur panjang akhir pekan, wisatawan dari Bandung Raya dan luar Jawa Barat memadati kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan pantauan detikcom Kamis (20/8/2020) siang, arus lalu lintas di Lembang dipadati kendaraan roda dua dan empat.

Kepadatan kendaraan mulai terjadi sejak perbatasan Kota Bandung dan KBB. KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Duddy Iskandar mengungkapkan pada libur Tahun Baru Islam ada peningkatan volume kendaraan hingga 40 persen dibanding hari sebelumnya.

"Untuk libur Tahun Baru Islam hari ini mulai ada peningkatan volume kendaraan di Lembang sampai 40 persen. Hampir sama kondisinya dengan saat libur Agustusan kemarin," kata Duddy.

Sejak pagi hingga pukul 12.00, pihaknya sudah melakukan dua kali buka tutup jalur untuk menarik kendaraan dari arah Kota Bandung menuju Lembang. Sementara menjelang sore, arus lalu lintas lebih lancar, meski masih padat.

"Sudah dua kali buka tutup jalur untuk menarik kendaraan, karena kita utamakan dulu yang mau masuk ke kawasan Lembang karena ekor kendaraannya sudah sampai di perbatasan Bandung dan KBB," katanya.

Pihaknya memprediksi puncak kunjungan wisatawan ke kawasan wisata Lembang bakal terjadi pada Sabtu (22/8/2020) mendatang. "Sekarang mulai melakukan keberangkatan dari daerah masing-masing dan puncak kunjungan wisatawan nanti di hari Sabtu. Kita belum bisa prediksi berapa persen peningkatan volume kendaraannya, tapi dominasi pelat kendaraan luar Bandung Raya," tutur Duddy.

Sejumlah titik penumpukan kendaraan di wilayah Lembang di antaranya objek wisata The Great Asia Africa, Farm House, Floating Market, serta Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu.

(bbn/bbn)