Rayakan 1 Muharam, Warga Pawai Taaruf ke Pendopo Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 14:20 WIB
Pawai Taaruf Ciamis
Warga Ciamis pawai taaruf merayakan tahun baru Islam. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Perayaan tahun baru Islam 1 Muharam 1442 H di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berlangsung meriah. Warga Tatar Galuh di sejumlah daerah melakukan pawai taaruf, tak terkecuali di wilayah perkotaan, Kamis (20/8/2020).

Ribuan warga, para ulama dan santri dari berbagai pesantren di beberapa Kecamatan melakukan pawai taaruf dengan berjalan kaki ke Pendopo Bupati Ciamis. Para rombongan disambut oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya beserta jajarannya.

Meski tak sebanyak tahun sebelumnya, dimana masa datang dari berbagai pelosok daerah. Pawai taaruf 1 Muharam di masa Pandemi COVID-19 ini masih tergolong meriah. Warga antusias untuk menggelorakan syiar Islam.

Para peserta terlihat mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker. Meskipun ada beberapa kendaraan bak terbuka yang mengangkut peserta pawai cukup berdesakan. Setelah memasuki pendopo mereka kemudian berkeliling di wilayah perkotaan Ciamis.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya telah mengizinkan pawai taaruf digelar di wilayahnya masing-masing. Dengan catatan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Ya boleh pawai taaruf, ini juga sudah digelar asalkan mematuhi protokol kesehatan," ujar Herdiat usai menyambut rombongan pawai taaruf di pendopo.

Di momen tahun baru, Herdiat juga mengajak warga untuk introspeksi diri dari tahun sebelumnya untuk melakukan perbaikan. "Mudah-mudahan di tahun baru ini COVID-19 segera hilang, supaya bisa kembali hidup normal. Memang pakai masker itu nggak enak, tapi untuk protokol kesehatan, untuk pencegahan itu harus dipakai," ujar Herdiat.

Tonton video 'Menag Fachrul: Mari Manfaatkan Tahun Baru Hijriah untuk Hijrah':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)