Polisi Gagalkan Penyelundupan Ganja 144 Kg Lewat Jalur Tol Merak

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 13:17 WIB
Polda Banten Ungkap Kasus Ganja 144 Kg
Polda Banten ekspose pengungkapan kasus penyelundupan ganja 144 kilogram. (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom)
Serang -

Polda Polda Banten menggagalkan penyelundupan ganja seberat 144 kilo kiriman dari Aceh. Lima pelaku diamankan di rest area tol Tangerang-Merak.

Kapolda Banten Irjen Fiandar mengatakan kasus ini terungkap bermula dari penangkapan tersangka MT (40) dan LA (29) di rest area Bogeg, Cipocok Jaya, Kota Serang, Rabu (5/8). Pelaku menyelundupkan ganja di truk untuk pengiriman barang gula rafinasi yang akan dikirim ke Tangerang.

"Pergerakan dari wilayah Aceh menuju Jakarta melintasi Banten," kata Fiandar dalam keterangan pers di Polda Banten, Jl Syekh Nawawi Al Bantani, Serang, Rabu (19/8/2020).

Di tempat yang sama, Dirnarkoba Kombes Susatyo Purnomo Condro menambahkan bahwa ganja dikemas dalam tiga karung besar di antara tumpukan gula. Total yang ditemukan adalah 144 kilogram.

"Diselipkan di truk. Memang dalam situasi Covid ini polisi memberikan pelayanan bagi sembako agar cepat diantar kepada masyarakat, namun disalahgunakan oleh para pelaku untuk menyisipkan narkoba tersebut dalam truk," tambahnya.

Saat penggeledahan pertama, kedua tersangka yang diamankan adalah MT dan LA yang merupakan warga Lampung. Tim dari Polda kemudian mengincar ke penerima di wilayah penjemputan ganja di Cikupa Tangerang.

Di sana, tiga tersangka atas inisial FA (22) dan RP (20) sebagai penjemput barang di wilayah Tangerang. Penerima terakhir merupakan warga Jakarta inisial RF (25) yang kemudian ditangkap di Jalan Pramukasari, Jakarta Pusat.

"Para tersangka ternyata menggunakan modus ketika barang sudah akan diambil, diserahkan kunci mobil, kemudian disuruh mengisi kedaraannya nanti baru diambil lagi oleh penerima sehingga sel (jaringan) terputus antara pengirim, kurir dan penerima," ujarnya.

Para tersangka diancam Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 111 ayat (2), Pasal 132 ayat (2) UU tentang Narkotik. Ancaman hukuman bagi pelaku maksimal pidana mati.

Simak video 'Ternyata! Penyelundupan 49 Kg Sabu di Truk Kelapa Dikendalikan Napi':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/bbn)