3 Orang Tewas Tersambar Petir di Lebak Banten Alami Luka Dalam

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 22:49 WIB
Puluhan warga tersambar petir di Kabupaten Lebak.
Warga yang tersambar petir mendapat penanganan medis (Foto: Istimewa)
Sukabumi -

Tiga orang tewas setelah tersambar petir di Lapangan Gadok di Desa Cikareo, Lebak, Banten, Senin (17/8). Identitas korban meninggal yaitu Irpan (16), Subadri (50) dan Ajid (17).

Kepala Puskesmas Cilograng Tatang Kusmana menyebut korban meninggal justru bukan karena luka bakar. "Mayoritas korban kebanyakan luka bakar di tubuhnya, justru yang luka bakar itu yang selamat. Sementara yang meninggal itu karena luka dalam. Secara medis petir itu mengandung listrik, jadi bisa shock," ucap Tatang di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (18/8/2020).

Menurut keterangan pasien kepada tim medis Puskesmas Cilograng, sambaran petir itu hanya terjadi selama satu kali. Saat kejadian korban tengah berteduh.

"Dari pengakuan mereka waktu itu berteduh karena ada hujan. Pada saat berteduh itu ada petir yang menyambar dekat mereka berteduh. Petir menyambar hanya satu kali, mereka rata-rata mengalami luka bakar di bagian samping, perut, ada di bagian wajah juga di beberapa titik," ujar Tatang.

Masih informasi dari warga, Tatang menyebut petir tidak menyambar langsung, namun mengenai pohon di sekitar lokasi kejadian. "Gambarannya mereka saat itu berkumpul di satu titik, itulah petir mengenai mereka semua. Kebanyakan di situ yang saya ketahui, kemungkinan petir memang menyambar pohon pinus," kata Tatang.

(sya/bbn)