Cerita Owner Kreuz Bike Tak Langsung Percaya Sepedanya Dipesan Jokowi

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 17:37 WIB
Jokowi pamer koleksi sepeda
Presiden Jokowi menggunakan sepeda Kreuz buata Bandung (Foto: Instagram Jokowi).
Bandung -

Dua sepeda merek Kreuz Bike dipesan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sepeda berwarna merah pabrikan Kota Bandung itu dipamerkan orang nomor satu di Republik Indonesia itu melalui akun instagram pribadinya.

Salah seorang owner Kreuz Bike Yudi Yudiantara menuturkan, Jokowi memesan sepeda tersebut melalui sekretaris pribadinya (sespri). Ia mendapatkan pesan dari sesprinya tersebut beberapa bulan lalu melalui aplikasi pesan instan.

Kendati begitu, ia tak langsung percaya dengan pemesanan yang mengatasnamakan presiden tersebut. "Saya tidak langsung percaya, karena di tengah kondisi seperti ini banyak orang yang tidak benar," kata Yudi saat dihubungi detikcom, Minggu (16/8/2020).

Singkat cerita, keduanya akhirnya sepakat untuk bertemu di Jakarta. Yudi akhirnya menemui sespri presiden tersebut, sekaligus melihat bukti bahwa benar sepeda yang diproduksinya, memang dipesan oleh Jokowi.

"Ya akhirnya membayar DP sesuai aturan kita, ikuti antrean, ya saya ucapkan terima kasih, kalau percaya produk kita," kata Yudi.

Ditemui saat Juni lalu, Yudi mengatakan sepeda lipat Kreuz yang diproduksinya banjir pesanan. Pre order (PO) atau pemesanan awal sepeda ini sudah full booked hingga tahun 2020.

Yudi akui, ia sering menolak pesanan karena ingin menjaga kualitas sepeda yang ia banderol dengan harga rata-rata Rp 8 juta-Rp 10 juta untuk tiap unit sepeda siap gowes. Dalam sebulan bengkelnya bisa memproduksi 10 unit sepeda.

Soal sepeda Kreuz milik Jokowi, Yudi enggan blak-blakan soal harganya. Namun, ia memastikan part atau suku cadang yang digunakan oleh orang nomor satu di Indonesia itu merupakan yang terbaik.

"Speknya (yang) bagus, kisaran yang kita buat bermcam-macam, tergantung part," ucap Yudi saat dihubungi, Minggu (16/8/2020).

Sebelumnya, Jokowi memamerkan koleksi sepeda lokalnya sambil membicarakan soal pentingnya berolahraga. Selain Kreuz, Jokowi juga memamerkan sepeda merek Polygon dan Element. Foto-foto itu, ditampilkan melalui laman instagram pribadinya.

Jokowi tampak berpose dengan tiga sepedanya yang memiliki nuansa merah-putih. Bahkan di salah satu sepedanya ada yang bertulisan '1945'. Jokowi terlihat memakai helm merah-putih serta memakai jaket merah bertulisan 'INDONESIA'.

"Hidup sehat dan berolahraga di era pandemi sangat penting, agar imunitas tubuh terjaga. Saya rutin bersepeda untuk menjaga kebugaran," tulis Jokowi, Minggu (16/8/2020).

"Ini sepeda yang saya pakai, ada Kreuz, ada Polygon, ada Element. Semuanya buatan Indonesia," sambungnya.

Tonton video 'Melihat Lebih Dekat Kreuz, Sepeda 'Brompton' Made in Bandung':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mso)