Sepedanya Dipakai Jokowi, Ini Kata Owner Kreuz Bike

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 15:18 WIB
Jokowi pamer koleksi sepeda
Presiden Joko Widodo (Foto: Instagram Jokowi).
Bandung -

Presiden Joko Widodo memamerkan sejumlah koleksi sepedanya, yang semuanya bermerek lokal. Di antaranya sepeda merek Kreuz Bike asal pabrikan Kota Bandung.

Salah seorang owner Kreuz Bike Yudi Yudiantara mengaku bangga sepedanya bisa dipakai oleh orang nomor satu di Indonesia. Menurutnya produk lokal tak kalah bersaing dengan produk dari mancanegara.

"Bagus, jadi ini menunjukkan bahwa produk lokal tidak kalah dengan produk luar, jadi pembuktian produk lokal itu tidak kalah kualitasnya," kata Yudi saat dihubungi detikcom, Minggu (16/8/2020).

Yudi mengatakan, presiden memesan dua unit sepeda dari bengkel produksinya melalui sekretaris pribadi presiden. Walau begitu, ia tak langsung percaya dengan permintaan tersebut.

"Sesprinya melalui WA menghubungi saya beberapa bulan yang lalu, saya tidak langsung percaya, karena di tengah kondisi seperti ini banyak orang yang tidak benar. Akhirnya suatu waktu kita bertemu di Jakarta dan dia memperlihatkan semuanya bahwa dia Sespri," ucap Yudi.

Setelah itu, transaksi jual beli pun dilakukan. Menurut Yudi, Jokowi memesan sepeda dari garasinya tetap mengikuti prosedur yang telah ditetapkan perusahaan. "Ya bayar DP sesuai dengan aturan kita, ikuti antrean, ya saya ucapkan terima kasih, kalau percaya produk kita," katanya.

"Ya pada intinya, siapa lagi yang harus bangga dengan produk dalam negeri ya, kalau bukan rakyat atau pemimpinnya," tambahnya.

Sekilas, sepeda Kreuz ini sama seperti Brompton. Walau begitu, harga sepeda ini cukup terjangkau sekitar Rp 8 juta sampai Rp 10 juta.

"Untuk framenya saja kita jual Rp 3,5 juta. Tapi kalau mau sampai jadi sepeda, kisaran Rp 8-10 juta," ujar Yudi.

Simak juga video 'Alasan 32 Jalur Sepeda Ditiadakan: 79.300 Warga Tak Pakai Masker':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mso)