Dihack, Akun FB Bupati Majalengka Disalahgunakan untuk Minta Dana COVID-19

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 09:15 WIB
Akun FB Bupati Majakengka Karna Sobahi dihack
Akun FB Bupati Majalengka Karna Sobahi dihack (Foto: Istimewa).
Majalengka -

Aksi penipuan dengan meng-hack akun media sosial kembali terjadi. Kali ini korbannya ialah Bupati Majalengka Karna Sobahi.

Akun Facebook milik orang nomor satu di Kabupaten Majalengka itu dibajak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk meminta sumbangan dana COVID-19.

Modusnya, pelaku mengirim pesan pribadi ke sejumlah rekan kerja Karna Sobahi. Dalam pesan itu pelaku meminta uang seikhlasnya dengan alasan untuk membantu penanganan wabah virus Corona di Majalengka.

"Saya sedang adakan acara baksos penggalangan dana buat bantu masalah COVID, mohon partisipasnya," tulis pelaku saat mengirim pesan kepada sejumlah rekan kerja Bupati Majalengka.

Pelaku yang menggunakan nama serta foto profil Karna Sobahi juga mengirimkan nomor rekening kepada korban 'sumbangan dana COVID-19'. Pelaku mencatumkan nomor rekening Bank BRI atas nama Sulassanah Minnah.

Bupati Majalengka Karna Sobahi baru mengetahui akun Facebook-nya dibajak setelah beberapa rekan kerjanya menanyakan secara langsung perihal bantuan dana COVID-19 tersebut Kamis malam tadi. Menurut Karna akun Facebook tersebut sudah sejak lama tidak digunakan.

"Akun tersebut milik saya dan sudah sejak lama tidak pernah saya pergunakan lagi dan saya baru tahu tadi malam Facebook saya dibajak orang tak dikenal," ucapnya, Jumat (14/8/2020).

Karna juga mengaku belum melaporkan secara resmi perihal pembajakan akun Facebooknya tersebut. Saat ini Ia masih terus mencari informasi siapa saja yang sudah jadi korban penipuan itu. "Belum melapor saya," ujarnya.

(mso/mso)