Hujan Angin Terjang Cimahi, 9 Pohon dan 1 Billboard Tumbang

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 17:23 WIB
Billboard di Kota Cimahi ambruk diterjang hujan dan angin besar.
Billboard di Kota Cimahi ambruk diterjang hujan dan angin besar. (Foto: Whisnu Pradana/detikcom).
Cimahi -

Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang Kota Cimahi Rabu (12/8/2020) sore. Sejumlah pohon hingga billboard di beberapa titik tumbang.

Billboard berangka besi berukuran 3x7 meter itu tumbang saat hujan disertai angin menerjang terjadi di RS Kasih Bunda, Jalan Mahar Martanegara, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Billboard yang tumbang tersebut menimpa sebuah mobil pengunjung.

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Cimahi dibantu warga kemudian melakukan evakuasi dengan memotong rangka besi yang patah menggunakan las listrik.

Saputra (30), mengatakan billboard di depan RS Kasih Bunda tiba-tiba tumbang lalu menimpa mobil yang terparkir di bawahnya. Saat itu, kondisi angin sangat kencang dan hujan cukup deras.

"Saya lagi nunggu keluarga berobat, kebetulan diam di luar. Tiba-tiba ya billboardnya jatuh, memang karena angin kencang. Mungkin besinya sudah karatan jadi gampang patah. Menimpa mobil, tapi rusaknya sedikit," kata Saputra kepada detikcom.

Sementara kejadian pohon tumbang terjadi di sembilan lokasi, di antaranya di dekat Gerbang Tol Baros, jembatan layang Baros, dan di titik lainnya.

Kabid Damkar Kota Cimahi Uus Supriyadi mengatakan pihaknya langsung menerjunkan beberapa tim ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan dan assessment.

"Kami menerima 10 laporan kejadian pohon dan billboard tumbang. Kalau billboard tumbang hanya satu, sisanya pohon. Kejadiannya murni karena faktor alam, jadi hujan dan angin kencang," ungkap Uus.

Dari semua kejadian tersebut, tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Penanganan pun berlangsung dengan cepat sebab tidak ada lokasi yang sulit dijangkau.

"Korban jiwa nihil, semua mudah diakses karena rata-rata di pinggir jalan. Tidak ada yang menimpa rumah juga, hanya ada satu mobil itu juga rusak ringan," ujarnya.

(mso/mso)