Guru dan Nakes di Kuningan Diprioritaskan Tes Swab

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 13:27 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19. (ilustrator: Edi Wahyono)
Kuningan -

Pemkab Kuningan segera melakukan tes swab secara massal kepada 2.200 orang. Kegiatan ini rencananya berlangsung 19 Agustus 2020.

"Swab massal targetnya 2.200 orang yang dimulai pada 19 Agustus nanti. Rencana swab massal itu dilakukan selama dua pekan," kata Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Denny Mustafa kepada detikcom, Rabu (12/8/2020).

Swab massal tersebut nantinya akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga pendidik atau guru. Menurut Denny, guru jadi prioritas menjalani tes swab karena saat ini beberapa sekolah di Kabupaten Kuningan sudah menggelar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka.

"Untuk tenaga pendidik, kita prioritaskan karena sudah mulai KBM. Tapi untuk siswa-siswinya, karena jumlahnya yang sangat banyak, sampai saat ini belum ada rencana di-swab," ucap Denny.

Denny menjelaskan tes swab massal tersebut dilakukan guna mendapatkan hasil lebih rinci penyebaran COVID-19 di Kuningan. Sebab, dalam beberapa minggu terakhir ini kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kuningan terus meningkat.

Hingga hari ini total ada 77 kasus terkonfirmasi positif di Kuningan. Dari 77 kasus itu, 59 di antaranya sudah sembuh, 2 meninggal dan 16 lainnya masih dikarantina.

(bbn/bbn)