Hengky Kurniawan Ajukan Diri Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Sinovac

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 15:33 WIB
Hengky Kurniawan dan Ridwan Kamil
Foto: istimewa
Bandung Barat -

Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengajukan diri menjadi relawan uji klinis vaksin Corona Virus Disease atau COVID-19 Sinovac.Hengky mengungkapkan alasannya mendaftarkan diri menjadi relawan uji klinis vaksin asal Cina itu karena keprihatinan pada kondisi pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir.

"Betul saya memang mengajukan diri untuk jadi relawan uji vaksin COVID-19. Tapi sampai sekarang memang belum daftar. Kemarin kan saya coba ke Unpad tapi kosong, jadi saya masih cari informasi pendaftarannya," ungkap Hengky kepada detikcom, Senin (10/8/2020).

Sejak awal dirinya sudah berkomitmen membantu penanganan COVID-19 dengan meminjamkan rumah pribadinya untuk digunakan tenaga kesehatan.

"Saya dari awal sudah komitmen membantu penanganan COVID-19, mulai dari mau meminjamkan rumah di Jakarta, tapi karena masih banyak yang kosong akhirnya tidak jadi dipakai. Termasuk kali ini, tanggung jawab saya juga sebagai pemimpin daerah," katanya.

Hengky mengaku belum berkomunikasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait rencananya tersebut. Namun dirinya bakal menghubungi Gubernur Jawa Barat secepatnya.

"Belum komunikasi juga dengan Kang Emil, apakah saya boleh daftar atau tidak. Tapi rencananya hari ini mau saya coba hubungi," terangnya.

Melihat dari segi kesehatan, ia optimistis bisa diterima sebagai relawan uji klinis vaksin Sinovac. "Kalau dari kondisi kesehatan alhamdulillah saya fit. Enggak pernah sakit juga seminggu ini. Tapi persyaratan jelasnya saya belum tahu apa saja," tandasnya.

Seperti diketahui Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah daftar menjadi relawan vaksin. Hingga saat ini kepala daerah baru Ridwan Kamil yang mendaftar. Saat ini relawan masih kurang 600 orang dari target yang ditetapkan.

Tonton video 'Skema Uji Klinis Vaksin Sinovac yang Akan Dijalani Relawan':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)