Sehari Jelang Uji Vaksin Sinovac Besok, Jumlah Relawan Masih Kurang 600 Orang

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 11:51 WIB
Pendaftaran Relawan Uji Vaksin Sinovac Telah Dibuka, Apa Syaratnya?
Foto: DW (SoftNews)
Bandung -

Sehari jelang pelaksanaan uji klinis vaksin Corona Sinovac Selasa (11/8/2020) besok, jumlah relawan masih kurang 600 orang dari target yang ditetapkan yaitu 1.620 orang.

"Sudah 1.020 (relawan)," kata Manajer Lapangan Uji Vaksin COVID-19 Universitas Padjadjaran (Unpad) Eddy Fadlyana, Senin (10/8/2020).

Dia mengatakan, terdapat salah satu nama pejabat yang dipastikan ikut sebagai relawan, yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sementara itu, dia memastikan belum ada kepala daerah lain di Bandung dan sekitarnya yang mengikuti jejak Gubernur. "Tidak ada," ujarnya.

Ia menjelaskan pendaftaran relawan masih akan dibuka hingga 31 Agustus 2020 atau bisa lebih cepat hingga kuota relawan terpenuhi.

Uji klinis vaksin fase tiga ini akan dilaksanakan di enam lokasi, di antaranya Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Balai Kesehatan Unpad, Puskesmas Garuda, Puskesmas Sukapakir, Puskesmas Ciumbuleuit, dan Puskesmas Dago.

Pada hari pertama pelaksanaan uji klinis, rencananya akan dilakukan maksimal 20 sampai 25 orang per hari di setiap lokasi pengujian. Hal ini dilakukan untuk memenuhi aspek kewaspadaan terhadap pandemik COVID-19.

Khusus di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, pihaknya akan lebih dulu melakukan pemeriksaan kesehatan kepada sejumlah relawan, dilanjutkan dengan pemberian vaksinasi besok.

"Vaksinasi besok di eyckman, iya hanya yang di eyckman saja (didahulukan pemeriksaan)," ucapnya.

Tonton video 'Soal Uji Klinis Vaksin Corona, Bio Farma: Bukan Kelinci Percobaan':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)