Cerita Pria 'Penunggu' Bak Sampah di Sukabumi Tolak Tawaran Kerja

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 22:56 WIB
Eman seorang pemulung di Kota Sukabumi
Eman si 'penunggu' bak sampah di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Kisah tentang Eman (50), pria 'penunggu' bak sampah, dimonitor Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni. Sumarni beberapa kali mendatangi gubuk kediaman Eman sejak malam kemarin hingga pagi tadi.

Setiap Sumarni ke sana, Eman tidak ada di tempat. Pria itu disebut tengah memulung sampah plastik.

Kini Sumarni berhasil menjumpai Eman. Ia membawa bingkisan bantuan.

Selain bantuan, Sumarni juga menawari Eman untuk meninggalkan gubuk miliknya dan bekerja di Rumah Kreatif Milenial Polres Sukabumi Kota di Jalan Cipelang Leutik. Selain menjaga tempat itu, Eman juga ditawari keahlian menyablon dan membatik.

Namun Eman menolak tawaran kerja tersebut. "Yuk mau pak yuk, bapak di sana bekerja sambil ikut pelatihan. Jadi kalau sudah punya keahlian saya bantu juga buat modalnya," kata Sumarni, Selasa (4/8/2020).

Eman hanya terdiam. Sesekali ia menggelengkan kepala sebagai bentuk penolakan. Sumarni meminta Eman tinggal di kontrakan lebih layak, lagi-lagi Eman tak bereaksi.

Pria Penunggu Bak Sampah di SukabumiKapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni memberikan bantuan kepada Eman. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Kepada detikcom, Sumarni mengaku mendapat informasi dari media sosial soal keberadaan Eman yang tinggal di gubuk yang jauh dari kata layak. Ia mengaku ikhlas menawarkan bantuan kepada Eman.

"Tadi sudah sedikit berbincang, saya ajak kerja membantu mengurus taman di Polres atau bantu-bantu bersih-bersih dia menolak, padahal niat kita tulus. Dari semalam saya sudah ke tempat ini, pagi tadi juga enggak ada. Akhirnya baru siang ini bertemu langsung," tutur Sumarni.

Selanjutnya
Halaman
1 2