KPU Targetkan Partisipasi Pemilih di Pilbup Cianjur Mencapai 77,5 Persen

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 14:09 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi
Cianjur -

KPU menargetkan tingkat partisipasi pemilih di Pilbup Cianjur 2020 mencapai 77,5 persen. Meskipun dalam dalam situasi pandemi, KPU optimis partisipasi pemilih bisa meningkat.

Ketua KPU Cianjur Selly Nurdianah, mengatakan jumlah daftar pemilih sementara sebanyak 1,6 juta orang. Untuk tingkat partisipasi, Cianjur menyamakan dengan target dari nasional sebesar 77,5 persen.

"Minimalnya bisa mempertahankan partisipasi saat Pileg kemarin, di angka 75,5 persen. Diupayakan tidak kurang dari itu," kata Selly saat dihubungi, Selasa (4/8/2020).

Namun secara historis, tren partisipasi pemilih dalam setiap kontestasi Pilbup Cianjur terus mengalami penurunan. Pada Pilkada 2006 angka partisipasinya di kisaran 70 persen. Kemudian pada 2010 turun di kisaran 60 persen, dan pada 2015 lalu turun lagi jadi 56 persen.

Selly menjelaskan antara partisipasi Pileg dan Pilbup memang berbeda, mengingat dari segi kepentingan berbeda. "Partisipasi Pileg kerap lebih tinggi dibandingkan Pilbup. Tapi untuk Pilbup kali ini, kami harap bisa meningkat dan minimalnya sama dengan partisipasi di Pileg 2019," ucapnya.

Ia mengaku, situasi pandemi menjadi tantangan baru untuk meningkatkan partisipasi pemilih. "Jadi ada dua tantangan. pertama meningkatkan partisipasi pemilih, kedua menggugah pemilih di tengah pandemi ini," kata dia.

Di sisi lain, Komisioner KPU Cianjur Rustiman menambahkan situasi pandemi juga dapat berpotensi meningkatkan partisipasi. Pasalnya kata dia, para pemilih yang biasanya berada di luar kota, banyak yang kembali ke kampung halamannya.

"Dengan begitu, yang biasanya di luar kota bisa ikut memilih di Pilbup ini. Tapi memang di sisi lain ada juga kemungkinan banyak yang enggan ke TPS karena takut ada penyebaran," ucapnya.

"Oleh karena itu kami upayakan pencegahan dan penerapan protokol kesehatan, memberikan jaminan pada pemilih nantinya," kata dia menambahkan.

(mso/mso)