Kasus Positif COVID-19 Klaster Semplak Bogor Bertambah Jadi 22 Orang

M Solihin - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 20:40 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19 (Foto: Edi Wahyono)
Bogor -

Kasus positif COVID-19 di Kota Bogor bertambah 8 kasus baru per Senin (3/8/2020). Total kasus positif di Kota Bogor berjumlah 301 orang.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan, 8 kasus positif baru hari ini merupakan tambahan kasus yang berasal dari klaster Semplak. Sehingga total kasus positif COVID-19 dari klaster Semplak berjumlah 22 orang.

"Tambahan 8 kasus positif baru hari ini dari klaster Semplak. Sebelumnya sudah 14 orang, ditambah hari ini 8 orang. Total ada 22 orang dari klaster ini," kata Dedie yang juga menjabat Wakil Wali Kota Bogor ini.

Dengan tambahan 8 kasus baru ini, lanjut Dedie, klaster Semplak menjadi klaster terbesar penyebarannya di Kota Bogor.

"(Klaster Semplak) jadi salah satu Klaster terbesar di Kota Bogor. Terakhir klaster Mitra 10 ada 21 kasus positif," sebut Dedie.

Sebelumnya diberitakan, Dedie A Rachim mengatakan, saat ini ada 5 klaster keluarga yang menjadi klaster penyebaran COVID-19 di Kota Bogor. Ia meminta warga Kota Bogor tetap waspada dan menjalani protokol kesehatan agar penyebaran COVID-19 bisa terkendali.

Dedie menyebut, klaster keluarga pertama yakni keluarga di Perumahan Rimba Raya, Bogor Selatan Kota Bogor. Satu keluarga ini terpapar COVID-19 setelah salah satu anggota keluarganya mengikuti kegiatan keagamaan di Kediri, Jawa Timur. Sampai Kamis (30/7/2020), total kasus positif di klaster ini berjumlah 8 orang.

Klaster keluarga kedua yakni keluarga seorang pengusaha restoran di Bantarjati, Bogor Utara Kota Bogor. Di klaster ini, 6 orang dari satu keluarga dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani swab.

"Tanggal 21 Juli lalu, hasil swab Kepala Keluarga yang bergejala hasilnya + (positif). Ada 17 kontak erat dan 5 diantaranya positif," kata Dedie, Kamis (30/7/2020) malam.

"(Kepala keluarga) adalah pemilik restoran. Kita akan tutup restonya. Sedang disiapkan langkah teknisnya," sambungnya.

Selain itu, satu keluarga di Cimanggu City, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor juga dinyatakan Positif COVID-19. Di klaster ini ada 4 orang yang dinyatakan positif COVID-19.

"Kemudian klaster Semplak, jumlah positif ada 14, 8 warga kota Bogor dan 6 warga Kabupaten Bogor. Kemudian klaster (keluarga) Sukadamai, ada 6 orang positif. (Rinciannya) 4 warga Kota Bogor, 2 warga Kabupaten Bogor," kata Dedie A Rachim.

(mud/mud)