Tak Kebagian Bus, Sejumlah Pemudik Terlantar di KM 125 Tol Purbaleunyi

Whisnu Pradana - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 16:48 WIB
Para pemudik terlantar di rest area gegara tak kebagian bus
Sejumlah pemudik terlantar gegara tak kebagian bus (Foto: Whisnu Pradana/detikcom).
Cimahi -

Calon penumpang bus sekaligus pemudik asal Kota Cimahi dan sekitarnya yang akan menuju ke Jabodetabek terlantar di rest area KM 125 Tol Purbaleunyi.

Para penumpang itu terlantar lantaran bus sudah penuh sejak dari terminal pemberangkatan di Kota Bandung menuju ke wilayah Jabodetabek.

Muhamad Irfansyah (30), warga Kota Cimahi, mengaku sudah menunggu sejak pukul 13.00 WIB di rest area KM 125 Cibeber, Kota Cimahi. Namun hingga sore, dirinya dan puluhan penumpang lain tak kunjung mendapatkan bus yang kosong.

"Iya sampai sekarang masih belum kebagian kursi kosong. Padahal biasanya setiap saya mau balik ke Jakarta dari rest area ini, selalu dapat bus," ungkap Irfan, Minggu (2/8/2020).

Fatidah (27), calon penumpang bus lainnya yang juga terlantar mengatakan penumpukan tersebut terjadi lantaran penumpang bus dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas maksimal.

"Saya mau pulang ke Jakarta, kebetulan kerja di sana. Biasanya naik bus itu dari Leuwipanjang, tapi kebetulan enggak ada yang antar jadi terpaksa naik di rest area. Eh ternyata malah terlantar, takutnya enggak kebagian bus sampai malam. Katanya sih dibatasi penumpangnya, maksimal hanya 25 orang gara-gara COVID-19," katanya.

Sementara itu Humas Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Nandang Elan mengungkapkan penumpukan penumpang di bahu jalan sangat tidak diperbolehkan karena akan membahayakan yang bersangkutan.

"Jelas dilarang, karena itu kan jalur bebas pejalan kaki dan orang. Jadi tidak boleh menaikkan dan menurunkan penumpang. Kalaupun berhenti di bahu jalan, itu hanya untuk kondisi darurat," ujarnya.

Tonton video 'Ribuan Kendaraan Melintasi Tol Cipularang Sejak Semalam':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)