Tak Pakai Masker, Puluhan Warga Bogor Dihukum Push Up hingga Nyapu Jalan

M Solihin - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 13:09 WIB
Warga tidak menggunakan masker diberi hukuman push up
Warga tidak menggunakan masker diberi hukuman push up (Foto: Istimewa).
Bogor -

Puluhan warga terjaring dalam razia masker di kawasan GOR Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (2/8/2020). Mereka yang kedapatan tidak menggunakan masker diberi hukuman push up, menyapu hingga menyanyikan lagu kebangsaan.

"Ada puluhan orang yang terjaring hari ini. Kepada mereka kita berikan sanksi sosial seperti push up, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyebutkan butir Pancasila, ada yang kita suruh bersih-bersih (menyapu)," kata Kasatpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridollah, Minggu (2/8/2020).

"Tadi kita operasi sejak pukul 05.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB. Dari operasi yang kita lakukan tadi memang cukup banyak warga yang kita dapatkan tidak menggunakan masker, tapi rata-rata yang melanggar itu kaum milenial," imbuhnya.

Ridho menyebut, razia masker digelar sebagai upaya pendisiplinan warga dalam menjalani protokol kesehatan di tempat umum. Seperti diketahui, Pemkab Bogor memperpanjang PSBB pra AKB hingga 2 pekan ke depan. Pendisiplinan warga dalam menerapkan protokol akan terus dilakukan sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran COVID-19.

"Sesuai dengan instruksi Bupati Bogor, saat ini kita prioritas untuk penanganan COVID-19, jadi membantu pencegahan penyebaran COVID-19. Dan hari ini kita fokus di kawasan GOR Pakansari, karena setiap akhir pekan lokasi ini jadi tujuan favorit warga, baik untuk olah raga maupun sekedar jalan-jalan," terang Agus Ridho.

Tidak hanya memberikan sanksi, Satpol PP dibantu petugas dari TNI, Polri juga membagikan masker kepada warga yang kedapatan tidak bermasker.

"Jadi memang tidak hanya memberikan sanksi ya, kita juga tadi bagi-bagikan masker. Hari ini kita tidak bekerja sendiri, ada kawan dari TNI dan Polri, total gabungan ada 180 personil yang turun hari ini," papar Agus.

"Kita juga sterilkan area GOR Pakansari dati PKL, karena memang disini area terlarang untum PKL. Kita sekat sejak pagi tadi," tambahnya.

Tonton video 'Sanksi Buat Warga Colomadu yang Bandel Ogah Pakai Masker':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)