Cerita Pemuda Ciamis Sukses Produksi Mesin Perontok Padi Minimalis

Dadang Hermansyah - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 10:20 WIB
Alat perontok padi karya pemuda Ciamis
Alat perontok padi karya pemuda Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Cerita inspiratif datang dari Kabupaten Ciamis. Seorang pemuda di Ciamis, Jawa Barat, sukses membuat dan memproduksi sebuah alat mesin perontok padi minimalis. Alat ini mampu memudahkan panen para petani langsung di ladang.

Adalah Miftah (30) warga Dusun Baregbeg, Desa Baregbeg, Kecamatan Lakbok. Pemuda lulusan jurusan Pendidikan Islam (Tarbiyah) STAINU Kebumen ini merintis produksi mesin perontok padi minimalis sejak 4 tahun lalu.

Miftah bercerita, saat semester 5 kuliahnya, ia selalu memanfaatkan waktu luang untuk bermain di sebuah las bengkel. Selain itu saat di pesantren ia kerap memanen padi.

Lalu ia berpikir mencoba membuat sebuah mesin untuk mempercepat proses panen padi. Mengingat Lakbok daerah asalnya merupakan salah satu lumbung padi di Ciamis. Lalu ia bertekad membuat sebuah alat untuk memudahkan petani.

Awalnya mesin tersebut ia buat di Kebumen lalu dibawa ke Lakbok. Ia terus menyempurnakan mesin tersebut dan meminta masukan dari para petani sekitar. Agar mesin yang dibuatnya nanti sesuai dengan keinginan petani dan karakteristik ladang.

"Alhamdulillah mesin ini mendapat tanggapan yang baik dari para petani. Bahkan diberi kepercayaan untuk membuat memproduksi lebih banyak," ucap Miftah, Minggu (2/8/2020).

Tonton video 'Inovasi Irul Tanam Padi di Pipa Paralon, Ternyata Menghasilkan!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2