Hari Pertama Lebaran, Jalanan di Bandung Lengang

Siti Fatimah - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 10:02 WIB
Jalanan Bandung lenggang di hari H lebaran Idul Adha
Jalanan Bandung lenggang di hari H lebaran Idul Adha (Foto: Siti Fatimah)
Bandung -

Memasuki hari pertama libur lebaran Idul Adha 1441 Hijriah, tidak nampak kepadatan arus lalu lintas di ibu kota Jawa Barat, Kota Bandung.

Pantauan detikcom, Jumat (31/7/2020), sejumlah jalanan di Bandung lengang. Seperti di Asia Afrika tak banyak kendaraan melintas seperti hari-hari biasanya.

Selain di Asia Afrika, jalanan lengang juga terlihat di Jalan Pasundan hingga Gardu Jati. Hanya nampak beberapa pengendara sepeda motor yang melaju.

Sementara itu di Jalan Cibabat dan Jalan Andir juga minim kendaraan. Tidak banyak aktivitas warga di jalanan Kota Bandung.

Lengangnya jalanan Kota Bandung disyukuri masyarakat Kota Bandung. Warga Bandung mengaku bisa leluasa berkendara di jalan yang biasa macet atau ramai.

"Enak, hemat bensin dan hemat tenaga. Biasanya rame, jadi cepat sampai tujuan," ucap Tanti Sugiharti (23) salah seorang warga Balong Gede, Kota Bandung.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso menjelaskan, pihaknya akan menyebarkan personel ke sejumlah tempat dalam rangka pengamanan hari raya Idul Adha. Personel ada yang ditempatkan di jalan untuk mengatur lalu lintas arus mudik hingga di tempat-tempat pelaksanaan salat Idul Adha.

"Di dalam pengamanan ini kan termasuk libur panjang dari Jumat sampai dengan Minggu, kita antisipasi juga arus mudik dan balik kemudian juga di tempat wisata dan tentunya yang paling pokok kita mengamankan adalah tempat ibadah baik itu masjid maupun lapangan yang akan digunakan untuk salat id termasuk lokasi pemotongan hewan kurban," pungkasnya.

Tonton video 'Selamat Idul Adha! Mitos dan Fakta Daging Kambing':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)