Banyak Ortu Tak Punya Gawai, Guru SD Cirebon Blusukan ke Rumah Siswa

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 17:07 WIB
Guru SD Blusukan ke Rumah Siswa
Guru mendatangi rumah siswa untuk kegiatan belajar mengajar. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)

Dian mengaku metode belajar blusukan atau door to door itu disambut baik oleh orang tua siswa. Bahkan, antusias siswa pun terbilang tinggi. Semangat Dian pun terpacu untuk terus blusukan.

"Sebelumnya kita sudah menerapkan belajar online. Tapi kurang efektif. Sekarang semua siswa belajar di rumah. Nanti setiap guru akan datang ke salah satu murid dari kelompok itu. Sistemnya rolling atau bergantian," tuturnya.

"Belajar online mungkin efektif di kota-kota besar. Kalau di kampung kan tidak bisa, ada orang tua yang mengeluh tidak punya handphone dan sebagainya. Ini yang buat guru-guru menjadi bingung," kata Dian menambahkan.

Dian berharap situasi pandemi segera berakhir. Sehingga siswanya bisa belajar secara normal di sekolah.

Bupati Cirebon Imron Rosyadi meminta guru terus berinovasi selama pandemi. Sebab, saat ini Pemkab Cirebon belum mengizinkan sekolah untuk belajar tatap muka di sekolah.

"Kalau (aktivitas) sekolah, KBM itu kewenangan pusat. Kalau di luar sekolah (pendidikan) kebijakan masing-masing Gugus Tugas daerah. Sekarang belum ada perintah dari pusat untuk membuka KBM di sekolah," ucap Imron.


(bbn/bbn)