Jaga Jarak Pemotor, 159 Ruang Henti Khusus Disiapkan di Jabar

Siti Fatimah - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 17:33 WIB
Ruang Henti Khusus Pemotor
Ruang henti khusus pemotor. (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Ditlantas Polda Jabar menyiapkan markah jalan atau Ruang Henti Khusus (RHK) bagi pengendara. Sebanyak 159 titik RHK tersebar di 22 kota dan kabupaten. Hal tersebut berkenaan dengan penerapan physical distancing bagi pengguna kendaraan beroda dua.

"Jadi diharapkan ada 159 titik traffic light, semua sudah kita persiapkan," kata Dir Lantas Polda Jabar Kombes Eddy Djunaedi saat ditemui di Jalan Merdeka, Kota Bandung, Kamis (16/7/2020).

Dia mengajak, kepada setiap pengguna sepeda motor agar menaati peraturan ini selama masa pandemi COVID-19. Pemberlakuan markah jalan (tanda berupa garis) memiliki fungsi utama untuk memberi batas antar pemotor.

"Nah kita menerapkan pola atau physical distancing di persimpangan atau traffic light, ini kita berlakukan untuk kendaraan roda dua, sehingga kendaraan roda dua tidak berhimpitan dan physical distancing bisa terpenuhi," katanya.

Nantinya, kata dia, ada petugas yang memantau masyarakat terkait physical distancing di persimpangan atau traffic light.

"Kita nanti akan tempatkan anggota di sini (traffic light) untuk membiasakan masyarakat, agar masyarakat terbiasa. Kalau sudah terbiasa setiap hari, tidak ada anggota pun masyarakat sudah bisa menempati tempat physical distancing yang ada di traffic light," kata Eddy.

Selain itu, penggunaan markah jalan ini juga menjadi salah satu langkah dalam persiapan Operasi Patuh pada 23 Juli hingga 5 Agustus mendatang. "Salah satunya kita mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi aturan protokol kesehatan yang sudah ada. Ini merupakan langkah preventif kita kepada masyarakat," ujarnya.

Jika markah jalan tersebut tidak cukup untuk pemotor lainnya, dia mengatakan, masyarakat harus secara mandiri mengatur jarak kendaraan. "Iya saya minta kesadarannya, bisa mengatur posisi di belakang. Apabila sudah penuh, masyarakat masih ada di luar ruang henti khusus, silahkan mengatur jaraknya minimal satu meter," ucap Eddy.

(bbn/bbn)