Pandemi Corona

Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Raya Bandung Ditiadakan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 18:18 WIB
Sambut Ustaz Somad, Ratusan Orang Bersihkan Masjid Raya Bandung
Masjid Raya Bandung (dok.detikcom)
Bandung -

Masjid Raya Bandung meniadakan aktivitas pemotongan dan pendistribusian daging hewan kurban pada Idul Adha tahun ini. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Disembelih di luar masjid raya dan akan diberikan ke penduduk, supaya lebih tepat sasaran," ucap Ketua DKM Masjid Raya Bandung Muchtar Gandaatmaja saat dihubungi, Jumat (10/7/2020).

Meski tak akan menggelar pemotongan dan pendistribusian, Muchtar mengatakan penitipan hewan kurban masih bisa dilakukan. Namun, nantinya hewan kurban akan langsung dialihkan ke tempat-tempat si penitip atau ke tempat lain yang sudah ditetapkan panitia.

"Disembelihnya di kampung masing-masing, masih di sekitar Bandung. Karena ada kebanggaan sendiri kalau disembelih di Masjid Raya, kita tidak mengurangi raya hormat, nanti akan disebutkan di spanduk hewan kurban gubernur (misalnya) yang dititipkan ke Masjid Raya, disembelih di RT anu, kecamatan anu," tuturnya.

Proses pembagian daging hewan kurban pun akan dilakukan langsung. Sehingga, kata Muchtar, tidak ada pembagian daging hewan kurban di Masjid Raya Bandung mengingat masih dalam kondisi pandemi Corona. Pihaknya khawatir terjadi penumpukan orang dan berisiko menjadi klaster baru.

"Kita (khawatir) jaga jaraknya agak sulit," ujar Muchtar.

Sementara itu, terkait pelaksanaan salat id, Muchtar menjelaskan, Masjid Raya Bandung tetap akan menggelarnya. Namun, dia menambahkan, protokol kesehatan tetap diberlakukan.

"Insyaallah menyelenggarakan (salat id) dengan mematuhi protokol kesehatan. Jaraknya dibatasi, kalaupun banyak, bisa ke taman," kata Muchtar.

(dir/bbn)