Dear Calon Mahasiswa, Unpad Buka Seleksi Jalur Mandiri

Siti Fatimah - detikNews
Sabtu, 27 Jun 2020 17:12 WIB
Unpad
Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung -

Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka seleksi tambahan jalur mandiri bagi calon mahasiswa yang tidak mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) serentak. Hal tersebut dilakukan karena situasi pandemi dan kurangnya minat para lulusan SMA untuk mengikuti UTBK.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Arief Sjamsulaksan Kartasasmita mengatakan, kondisi ini membuat penyaringan calon mahasiswa melalui SBMPTN tidak mencapai jumlah memadai terutama di Unpad.

"Kuota peserta ujian yang memilih lokasi ujian di kampus Unpad hanya terpenuhi sekitar 50 persen dari kuota maksimal. Di lain pihak banyak pertanyaan dari masyarakat tentang kemungkinan masuk ke PTN bagi yang tidak mengikuti UTBK," kata Arief dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (27/6/2020).

Program penjaringan bagi non UTBK ini diperuntukkan jenjang sarjana (S1) dan sarjanan terapan (D3). Menurut Arief, seleksi dilakukan berupa daring dan dapat diikuti di rumah masing-masing.

"Mungkin saja pada saat pelaksanaan tes UTBK, banyak yang terkendala untuk daftar karena batas waktu atau akses sehingga tidak dapat mengikuti ujian," ujarnya.


Dia menjelaskan, pelaksanaan seleksi daring ini menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Pendaftaran dibuka mulai hari ini, 27 Juni sampai 4 Agustus 2020. "Kemudian pelaksanaan ujian secara daring untuk program sarjana 8 Agustus, sedangkan program sarjana terapan pada 9 Agustus," tambahnya.

Ujian dapat menggunakan perangkat berupa PC deskstop, notebook, atapun laptop dengan spesifikasi yang sudah ditentukan dan dilengkapi dengan webcam. Dia mengatakan, dengan sistem CAT berbasis daring, ujian ini dapat dijalankan di tempat tinggal masing-masing, dengan kuota data yang harus disiapkan peserta minimal 500 MB.

Dia mengatakan, penjaringan jalur mandiri ini menjadi krusial karena di luar penerimaan melalui UTBK-SBMPTN. Menurutnya, masih banyak peminat yang belum terfasilitasi untuk mengikuti seleksi.

"Jumlah peminat Unpad secara total baik pilihan satu maupun dua tahun ini mencapai 56.367 orang. Sementara daya tampung berdasarkan SBMPTN hanya 2.437 orang," tutur dia.

Arief mengatakan, akan ada 53 ribu orang di luar sana yang masih berminat masuk Unpad. Seleksi tambahan ini akan membuka peluang lebih luas untuk masyarakat memenuhi kuota daya tampung melalui jalur mandiri.

(ern/ern)