Sambut New Normal, Pasien Positif Corona di Ciamis Bertambah 4 Orang

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 14:37 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono/detikcom).
Ciamis -

Di saat menghadapi new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB), kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 malah bertambah. Dalam 2 hari bertambah 4 orang yang positif Corona di Ciamis.

Sampai saat ini, jumlah kasus terkonfirmasi positif Corona di Ciamis berjumlah 15 orang. Rinciannya 6 orang sembuh, 8 orang isolasi mandiri dan 1 orang meninggal dunia.

"Ya ada penambahan 4 orang, tanggal (20/6/2020) ada 1 orang asal Imbanagara Ciamis hasil pemeriksaan mandiri. Dan tanggal (21/6/2020) sebanyak 3 orang hasil kontak tracing yang meninggal dan kita masih dilaksanakan kontak tracing lanjutan," ucap Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) COVID-19 Ciamis, saat dihubungi detikcom, Senin (22/6/2020).

Bayu menjelaskan untuk yang 3 orang hasil tracing yang kontak dengan yang positif meninggal, Dinas Kesehatan Ciamis sebelumnya melakukan swab test kepada 141 orang pada Sabtu (13/6/2020) lalu. Swab test dikirim ke Labkesda Jabar, diterima Sabtu (20/6/2020).

"Untuk 4 orang terkonfirmasi positif ini seluruhnya berstatus orang tanpa gejala. Mereka kini melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Yang 1 positif hasil swab mandiri itu memang riwayatnya dari Balikpapan, karyawan swasta," jelas Bayu.

Bayu menjelaskan sampai saat ini, pihak Dinas Kesehatan Ciamis terus melakukan tracing. Hal itu dilakukan untuk menelusuri asar paparan COVID-19 tersebut.

Bayu menyebut saat ini di Ciamis ada 77 pasien dalam pengawasan (PDP), 6 orang masih dirawat di ruang isolasi di rumah sakit. 54 orang dinyatakan sembuh dan negatif Corona. Sedangkan 17 orang meninggal dunia.

"Memang sekarang ada pelonggaran, tapi kami imbau kepada masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak dalam setiap aktivitas di luar rumah," pungkasnya.

Tonton Blak- blakan Tantowi Yahya, Cara Selandia Baru Tangani Corona:

(mso/mso)