Biawak 'Ngumpet' di Atap Rumah Warga Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 23:01 WIB
Seekor biawak ngumpet di rumah warga Ciamis.
Petugas Damkar Ciamis menangkap biawak yang 'ngumpet' di rumah warga. (Foto: dok.Damkar Ciamis)
Ciamis -

Warga Karanggedang, Ciamis, digegerkan dengan penemuan seekor biawak berukuran 1,5 meter. Biawak itu diketahui 'ngumpet' di atap rumah milik Hidayat, Senin (1/6/2020) sore.

Personel Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Ciamis berhasil mengevakuasi binatang melata tersebut. Terungkapnya keberadaan biawak itu berawal saat pemilik rumah mendengar suara cakaran di bagian atap. Ia lalu mengabari tetangganya bernama Yayan, anggota Damkar Ciamis.

Yayan kemudian naik tangga dan memeriksa atap rumah Hidayat. Pria tersebut melihat ada seekor biawak.

"Kami mendapat laporan dari anggota, bahwa di atas rumah tetangganya ada seekor biawak. Anggota Damkar, Andi dan lainnya, langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi," ujar salah satu personel Damkar Ciamis, Nanang, saat dihubungi detikcom.

Setiba di lokasi, sejumlah petugas langsung menangkap dan mengevakuasi biawak yang diduga akan bersarang di atap rumah warga. "Proses penangkapan berlangsung cukup cepat. Diduga biawak ini berasal dari kebun, lalu memanjat dinding bata. Saat di atap biawak itu terdengar sedang mencakar-cakar," tuturnya.

Menurut Nanang, biawak itu langsung dievakuasi karena dikhawatirkan mengancam keselamatan penghuni rumah. Tak menutup kemungkinan biawak masuk ke dalam rumah dan mengancam penghuninya.

"Untuk memadamkan api memang itu tugas utama kami. Tapi bila ada laporan dari masyarakat yang membutuhkan bantuan, sebisa mungkin akan kami bantu. Seperti menangkap biawak, melepaskan cincin atau evakuasi sarang tawon," ucap Nanang.

(bbn/bbn)